Resmi! Mahfud Umumkan Pengunduran Dirinya dari Menko Polhukam

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 31 Januari 2024 16:45 WIB
Mahfud Md (Foto: Dok MI)
Mahfud Md (Foto: Dok MI)

Lampung, MI - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, secara resmi telah mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menko Polhukam pada hari ini, Rabu (31/1).

"Hari ini saya sudah membawa surat untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan menjadi perbincangan publik," kata Mahfud di Lampung.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 itu mengaku, akan mengirimkan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

"Dan surat ini langsung disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu presiden," ujar Mahfud.

Dia mengatakan pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam sebenarnya telah dibicarakan sejak dirinya diusung sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. 

Sebelumnya, Mahfud telah menemui Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Dari pertemuan itu, Mahfud telah dijadwalkan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

Mahfud ingin bertemu langsung dengan Presiden karena dia ingin mundur secara baik-baik, sebab dulu juga diangkat secara baik, dan tidak ingin muncul kesan ‘tinggal gelanggang colong playu’. 

"Saya dulu diangkat dengan hormat, saya akan pamit dengan penuh penghormatan juga," tuturnya. (DI)