Presiden Jokowi Dikritik Sejumlah Civitas Akademika, Maruarar Sirait: Itu Bagian dari Demokrasi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 4 Februari 2024 18:35 WIB
Mantan Politikus PDI Perjuangan, Maruarar Sirait (Foto: MI/Dhanis)
Mantan Politikus PDI Perjuangan, Maruarar Sirait (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Maruarar Sirait menanggapi soal kritikan yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh sejumlah civitas akademika atas pernyataan-pernyataan presiden terkait Pemilu.

Menurutnya, kritikan itu adalah hak setiap warga negara yang harus diterima meskipun itu datangnya dari perguruan tinggi.

"Itu kan bagian dari demokrasi yang harus dihormati ya, itu bagian demokrasi kritik harus diterima," kata Ara sapaan akrabnya di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2).

Bahkan kata Ara, apabila beberapa dari perguruan tinggi tersebut ingin melakukan demonstrasi kepada pemerintah, maka itu adalah sesuatu yang wajar dan bisa diterima. "Demo juga sesuatu yang wajar harus diterima," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, mengingatkan Presiden Jokowi agar tak menganggap remeh kritikan yang dilayangkan oleh beberapa perguruan tinggi, diantaranya, UGM, UNPAD, UNHAS, hingga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Pergerakan dari elemen perguruan tinggi ini tak boleh dianggap remeh karena ini melawan berbagai bentuk intimidasi," kata Hasto di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (3/2). (DI)