Anies: Kaum Elite Tak Pedulikan Isu Kesehatan Mental dan Kekerasan Seksual

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 4 Februari 2024 20:13 WIB
Anies Baswedan dalam debat capres kelima, Minggu (4/2) malam (Foto: MI/Aswan)
Anies Baswedan dalam debat capres kelima, Minggu (4/2) malam (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar Debat Pilres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (4/2) malam.  Dalam kesempatannya, calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menilai isu kesehatan mental dan kekerasan seksual tidak mendapatkan kepedulian dari kaum elite. 

Anies mengungkapkan masalah kesehatan mental ini dirasakan oleh banyak orang di Tanah Air. Adapun, masalah kekerasan seksual dialami oleh 15 juta korban.

"Ini problem yang tidak jadi kepedulian segelintir elite. Ini kepedulian rakyat kebanyakan. Oleh karena itu, perjalanan kami 1 tahun kami temukan jutaan rakyat berbondong-bondong ingin perubahan," kata Anies.

KPU menyelenggarakan debat kelima Pilpres 2024 pada Minggu malam (4/2) di Jakarta Convention Center (JCC). Ini juga merupakan debat terakhir yang dihelat KPU.

Debat pamungkas ini mengusung tema kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan inklusi. Sementara sub temanya meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.