Klarifikasi Baliho "OTW Jakarta" Ridwan Kamil Ungkap Masih Betah di Jabar

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 29 Februari 2024 14:52 WIB
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Repro)
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Repro)

Jakarta, MI - Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil, mengklarifikasi atas viralnya baliho yang memuat fotonya sedang membawa tas ransel dengan tulisan "OTW Jakarta nih" yang kemudian dipersepsikan sebagai tanda dirinya akan maju pada Pilkada DKI 2024.

Melalui akun instagram resmi @ridwankamil, ia mengatakan bahwa maksud dari baliho itu bukanlah pesan politik, melainkan bentuk promosi sebuah produk skincare. 

"Tentang Billboard yang kemarin ramai itu, bukanlah bilboard komunikasi politik. Tapi itu adalah billboard marketing iklan di mana saya menjadi brand ambassador sebuah inovasi skincare khusus untuk para lelaki yang bernama @r1formen," Kata Emil sapaan akrabnya dalam akun Instagram, Kamis (29/2).

Emil mengatakan, alasan kenapa harus dengan kata "OTW Jakarta nih" karena produk tersebut akan di lauching di Jakarta pada 18 Maret mendatang. 

"Kenapa "OTW Jakarta nih" karena launching nya di Jakarta, di Senayan City tanggal 18 Maret. Jika launchingnya di Surabaya tentu ada bilboard OTW Surabaya nih," ujarnya. 

Dalam postingan itu, Emil juga menyebut Bendahara Umum Parta NasDem Ahmad Sahroni, bahwa dirinya menegaskan jika bilboard itu bukan pesan politik jika dirinya akan maju Pilkada DKI.

"Jadi Bang @ahmadsahroni88 itu bukan billboard mau nyagub di Jakarta yaa. Silakan Abang aja yang ramai-meramaikan urusan ini. Saya belum mau ikutan. Hemat saya, pilpres saja belum usai perhitungan KPU-nya. Masa sudah harus membahas tentang pilkada yang masih lama, November 2024," ujar mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu. 

Lebih lanjut, Emil mengungkap bahwa dirinya masih ingin melanjutkan pekerjaannya di Jabar sebagai Gubernur. Kendati begitu, ia tak menutup kemungkinan untuk mencalonkan diri di tempat lain sebagai kepala daerah. 

"Saya belum memutuskan mau kemana. Sementara hati tentang lanjut di Jabar. Atau mungkin tempat lain/Jakarta jika ada pertimbangan lain," jelasnya. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, mengatakan bahwa dirinya berharap agar Ridwan Kamil dapat melanjutkan kepemimpinannya di Jawa Barat sebagai penyempurna kemenangan partai Golkar di provinsi tersebut.

"Saya terus terang saja, saya sudah bicara panjang lebar dengan pak Ridwan Kamil terkait dengan pilkada, terutama pilkada Jawa Barat.

Saya tentu ingin beliau maju kembali di Jawa Barat, kenapa karena ini momentum juga bagi partai Golkar untuk merebut kembali," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2). (DI)