Ganjar Pastikan Bakal Hadirkan Saksi-saksi dalam Gugatan ke MK

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Maret 2024 13:23 WIB
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memastikan bahwa pihaknya terus mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024. 

Kata Ganjar, pihaknya akan menindaklanjuti ke DPR RI melalui hak angket dan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) apabila Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan secara resmi hasil Pemilu presiden (Pilrpres) 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar saat hadir secara virtual dalam acara “Demos Festival: Omon-omon Soal Oposisi” yang disiarkan kanal YouTube @Jakartanicus dikutip Minggu (10/3/2024).

"Kami terutama Tim Ganjar-Mahfud masih bekerja dengan cukup keras, sangat serius untuk mengumpulkan seluruh data, menyampaikan cerita-cerita sampai putusan sampai 20 (Maret) nanti," kata Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar paham bahwa dalam proses pengajuan hak angket DPR tidaklah mudah. Karena akan banyak penolakan dan perlawan dari fraksi-fraksi yang berseberangan. Meski begitu, ia optimis hak angket akan bergulir di DPR. 

"Sebuah proses yang cukup panjang dan saya kira dan nanti tidak berjalan mulus-mulus saja, karena pasti ada cerita yang setuju dan tidak setuju," ujarnya. 

Namun, Ganjar memastikan, kalau pihaknya akan menghadirkan saksi-saksi dalam gugatan ke MK bahwa benar terjadi kecurangan Pemilu secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM). 

"Ketika upaya dilakukan kami menyiapkan bahan-bahan, saksi-saksi untuk ke MK, setidaknya hipotesis TSM bisa kita uji betul-betul bisa kita buktikan," tagas Ganjar.