Buka Puasa Bersama dengan Sejumlah Tokoh Politik Nasional, HIPMI: Kami Ingin Merajut Persatuan Pasca Pilpres 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 2 April 2024 21:37 WIB
Pengurus BPP HIPMI, Yoshua Sirait (Foto: MI/Dhanis)
Pengurus BPP HIPMI, Yoshua Sirait (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengatakan bahwa acara buka puasa bersama yang mengundang sejumlah tokoh politik nasional bertujuan untuk mempersatukan kembali masyrakat Indonesia pasca Pilpres 2024.

Pengurus BPP HIPMI, Yoshua Sirait mengatakan, bahwa pihaknya mengadakan agenda tersebut sebagaimana tema yang dimaksud yakni, "Silaturahmi Merajut Persatuan untuk Indonesia Maju".

Sebab menurutnya selama proses Pemilu berlangsung, banyak anggota HIPMI yang terpecah lantaran berbeda pilihan dalam mendukung pasangan calon tertentu. 

"Kalau dari tema kan persatuan sebenernya dari persatuan itu maksudnya ini kan acara pertama HIPMI setelah Pilpres ya kan, jadi kemarin habis Pilpres, HIPMI kan ada yang di kubu 01, 02 dan 03 kalau udah ya tetap bersatu," katanya di Hotel Mulia, Senayan Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Untuk itu, HIPMI berusha mengundang semua tokoh politik yang sempat terlibat aktif dalam kampanye Pilpres kemarin. 

Tujuannya kata dia, sangatlah jelas agar semua tokoh politik yang terpecah kemarin dapat bersatu kembali untuk membangun Indonesia. 

"Karena kita berusaha mengundang tokoh dari semua kubu untuk bersatu kembali. Jadi yang penting kompak untuk membangun Indonesia lebih maju lagi," ujarnya. 

Yoshua melanjutkan, hampir semua politisi yang diundang dalam agenda tersebut hadir, adapun yang tak hadir kata dia memang sedang berhalangan karena memiliki agenda lain. 

"Tadi kan Pak Arsjad ketua tim 03 hadir, pak AHY ketum demokrat pendukung 02 hadir, dari 01 itu Pak Ahmad Sahroni diundang (sebagai) Wakil Ketua Komisi III (dari partai) NasDem tapi berhalangan hadir ya kita tetep welcome dan bersahabat baik," tuturnya. 

Adapun kegiatan Bukber dan Santunan kepada 100 anak-anak yatim itu dihadiri oleh pengagas HIPMI atau tepatnya mantan Ketua Umum HIPMI Pertama Abdul Latief.

Selain itu, mantan Politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait, Anggota Komisi I DPR RI Dave Lacksono, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga turut hadir dalam agenda tersebut. 

Selain itu, hadir juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid di penghujung acara dan Menteri Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno ketika acara Bukber telah berakhir. 

Sementara presiden Joko Widodo yang rencananya diagendakan hadir dalam acara tersebut berhalangan hadir karena ada agenda negara yang tak bisa ditinggalkan. 

Sedangkan presiden terpilih Prabowo Subianto yang juga diagendakan hadir masih berada di Beijing China dalam kunjungan kerjanya.