Ini Alasan Golkar Usung Menantu Jokowi Maju Cagub Sumut

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 7 April 2024 16:44 WIB
Partai Golkar mengusung Bobby Nasution maju calon gubernur Sumatra Utara (Foto: Dok MI)
Partai Golkar mengusung Bobby Nasution maju calon gubernur Sumatra Utara (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution hadir pada acara pengarahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada para calon kepala dan wakil kepala daerah di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily membenarkan partai berlambang pohon beringin tersebut mengusung suami Kahiyang Ayu sebagai calon Gubernur Sumatra Utara pada Pilkada Serentak 2024. 

Tapi figur yang hadir saat ini [di DPP Golkar] memang yang telah direkomendasikan untuk menjadi calon kepala daerah. Direkomendasikan sebagai bakal calon Kepala daerah," kata Ace dikutip dari laman Partai Golkar, Ahad (7/4/2024).

Meski demikian, dia belum mau mengkonfirmasi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut sudah berpindah labuan ke Partai Golkar. Dia mengklaim, partainya tak melulu hanya mengusung atau mencalonkan kadernya pada sejumlah pilkada.

"Kan kita tau pak Bobby, keluarganya keluarga Golkar," ujar Ace.

Isu keluarnya keluarga Jokowi dari PDIP memang menguat pada Pemilu 2024. Hal ini berawal saat putera Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres berbekal putusan uji materi batas usia UU Pemilu yang diketok pamannya, Anwar Usman.

Sejak saat itu, PDIP mengambil jarak dan tak lagi melibatkan Jokowi. PDIP sendiri sebenarnya menugaskan Gibran dan Bobby sebagai juru pemenangan daerah untuk pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Akan tetapi, Gibran justru menjadi cawapres dan kontestan Pemilu 2024. Sedangkan Bobby menjadi tim pemenangan Prabowo Subianto-Gibran.

Berbeda dengan Jokowi dan Gibran, PDIP lebih tegas terhadap Bobby. DPC PDIP Kota Medan mengeluarkan Bobby dari daftar kader PDIP melalui surat nomor 217/IN/DP-29.B-26.B/XI/2023.

Meski masuk daftar, Ace mengklaim, Partai Golkar belum tentu mengusung Bobby sebagai calon gubernur Sumatra Utara. Suami Kahiyang tersebut masih harus membuktikan memiliki elektabilitas tinggi di provinsi tersebut. "Melihat sejauh mana peta kekuatan dari masing masing figur yang sekarang hadir," ujar Ace.