DKPP Panggil Artis Ternama Desta dalam Sidang Dugaan Asusila Ketua KPU

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Mei 2024 12:40 WIB
Artis ternama Deddy Mahendra Desta (Foto: Pribadi)
Artis ternama Deddy Mahendra Desta (Foto: Pribadi)

Jakarta, MI - Artis ternama Deddy Mahendra Desta ikut dipanggil Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk hadir dalam sidang terkait dugaan pelanggaran kode etik, dan perilaku dalam bentuk dugaan tindakan asusila Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari. 

Ketua DKPP Heddy Lugito mengkonfirmasi pemanggilan Desta dalam sidang perdana yang digelar DKPP di Ruang Sidang Utama Gedung Kantor DKPP, Jalan Abdul Muis, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024). 

Pemanggilan Desta dibarengi dengan pemanggilan Anggota KPU Betty Epsilon Idroos. 

"Mereka (Desta dan Betty) kami panggil," ujar Heddy saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (22/5). 

Desta dan Betty berkedudukan sebagai pihak terkait, yang akan didalami DKPP mengenai video yang dibuat Hasyim bersama Desta dan juga Betty, setelah hadir dalam suatu program di stasiun televisi swasta Net TV. 

Video yang dibuat mereka itu, berisi ucapan selamat dari Hasyim secara khusus untuk seorang perempuan yang bertugas sebagai Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Den Haag, Belanda.

Perempuan berinisial CAT yang bekerja sebagai PPLN di Den Haag itu merupakan Pihak Pengadu yang mengadukan Hasyim ke DKPP, atas dugaan pelanggaran etik berupa tindakan asusila. 

Atas dasar itu, sidang perdana yang digelar hari ini, DKPP menghadirkan Hasyim dan juga korban, untuk mendalami perkara yang diadukan. 

Lebih lanjut, Heddy juga memastikan DKPP juga akan memenuhi permintaan pihak-pihak terkait dan juga pengadu yang akan menghadirkan pihak tertentu. 

"Pihak terkait dari internal KPU dan NET TV. Pengadu mengajukan saksi ahli," demikian Heddy menambahkan. 

Namun berdasarkan pantauan wartawan di lokasi sidang, baik Desta maupun Betty sampai saat ini tak tampak hadir.