Luhut di Banggar DPR: IKN Tidak Ada Masalah, yang Masalah itu Pimpinannya

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 5 Juni 2024 13:33 WIB
Badan Anggaran DPR RI gelar rapat kerja dengan Menko Marvel, Menko Polhukam, Menko PMK di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (Foto: MI/Dhanis)
Badan Anggaran DPR RI gelar rapat kerja dengan Menko Marvel, Menko Polhukam, Menko PMK di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan tidak ada isu permasalahan mengenai Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), setelah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mundur dari Kepala dan Wakil Otorita IKN.

Justru menurut Luhut, permasalahan terletak pada pimpinan Otorita IKN. Hal itu disampaikan Luhut dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

"IKN itu tidak ada masalah, yang masalah yang menjadi pimpinannya," kata Luhut di Ruang Rapat Kerja Banggar DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Luhut mengatakan, hal yang wajar jika realisasi investasi di IKN berjalan lambat. Namun dia meyakini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sosok yang tepat ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita IKN.

"Overall menurut saya tidak ada isu mengenai ibu kota. Apalagi sekarang pelaksanaan tugasnya pak Menteri PUPR, beliau orang yang tepat," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah membenarkan soal Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatannya. 

Mensesneg Pratikno menyebut, Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri keduanya.

"Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono," umar Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno menyebutkan, Jokowi pun telah meneken keputusan presiden soal pemberhentian Bambang dan Dhony.

"Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) Tentang Pemberhentian Pak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Pak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Disertai dengan ucapan terimakasih atas pengabdian beliau berdua," tandas Pratikno.

Kini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dijabat oleh Basuki Hadimuljono dan Plt Wakil Ketua Otorita IKN Raja Juli Antoni.