Bawaslu Rilis Peta Kerawanan Pilkada 2024 pada Agustus Mendatang

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 11 Juni 2024 14:06 WIB
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty (Foto: MI/Dhanis)
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan terkait indeks kerawanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Saat ini kami sedang berjalan proses pemetaan kerawanan. Jadi kalau di provinsi dan kabupaten/kota namanya peta kerawanan," kata Lolly kepada wartawan, Selasa (11/06/2024). 

Lolly mengatakan, saat ini jajaran Bawaslu di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi sedang menyusun indeks kerawanan untuk Pilkada 2024.

Lanjut dia, bahwa hasil peta kerawanan setiap kabupaten/kota hingga provinsi itu akan berbeda-beda pada tingkat kerawanannya.

"Nah, saat ini mereka sedang berproses, jadi nanti akan lahir peta kerawanan setiap provinsi setiap kabupaten/kota karena kan konteksnya masing-masing, nih beda-beda," ujarnya. 

"Bisa jadi politik uang itu misalnya rentan di DKI Jakarta tapi dia tidak masuk peta kerawanan misalnya di Jogjakarta, misalnya kayak gitu," sambungnya. 

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu itu menyampaikan bahwa indeks kerawan Pilkada itu nantinya akan dirilis pada 22 Agustus mendatang. 

"Nah ini mereka berproses, kita akan launching di tanggal 22 Agustus," pungkasnya.