Hasil Survei Tinggi, Kaesang Berpotensi Diusung di Pilgub Jateng 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 2 Juli 2024 16:53 WIB
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, memperoleh hasil survei elektabilitas tertinggi untuk Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024 dalam rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Minggu (30/6/2024). 

Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos menilai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berpotensi memenangkan Pilkada Jateng apabila diusung menjadi calon gubernur maupun calon wakil gubernur. 

"Kaesang punya potensi besar menang Pilgub dengan berbagai skenario apakah menjadi Cagub, menjadi Cawagub dan bahkan dipasangkan dengan siapapun tokoh yang hari ini populer di Pilgub Jawa Tengah," kata Biran kepada Monitorindonesia.com Selasa (2/7/2024). 

Kata Biran, Kaesang lebih berpotensi memenangkan Pilgub Jateng ketimbang Pilgub Jakarta. 

"Artinya probabilitas Kaesang menang Pilgub di Jateng lebih terbuka ketimbang Pilgub Jakarta," ujarnya. 

Biran menilai, semestinya dengan hasil survei tersebut dapat menjadi modal bagi PSI dan Kaesang untuk maju di Pilkada serentak 2024 

"Seharusnya ini menjadi pertimbangan bagi Kaesang dan PSI untuk mengambil keputusan yang tepat dan haqqul yakin maju di Pilgub Jateng lebih menguntungkan secara elektoral," ucap Biran. 

Keunggulan Kaesang dari survei LSI tersebut kata Biran, merupakan bukti bahwa Jawa Tengah salah satu basis massa terbesar Presiden Jokowi atau Jokowi Effect. 

"Sehingga Pilgub Jateng masih akan sangat ditentukan oleh Jokowi Effect. Siapapun calon yang terasosiasi dengan Jokowi masih akan dipilih oleh rakyat. Apalagi approval ratting Jokowi di Jateng itu masih diangka 80%," tukasnya. 

Selain itu, kata Biran, isu dinasti politik tidak akan berlaku di Jawa Tengah dengan basis massa Jokowi yang sebanyak itu. 

"Isu politik dinasti di Jawa Tengah tidak akan terlalu mengganggu elektoral Kaesang dan Keluarga Jokowi ketimbang di Jakarta," pungkasnya. 

Bahkan, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tak memungkiri jika PDIP bakal mempertimbangkan sosok Kaesang pada Pilgub Jateng 2024 karena memiliki hasil survei elektabilitas yang tinggi ketimbang kandidat cagub lainnya. 

"Enggak apa-apa, bagus Kaesang. Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).