Bantah Pernah Sodori Nama Kaesang ke Partai Politik untuk Pilgub Jakarta, Jokowi: Saya Bukan Ketua Partai

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Juli 2024 13:37 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyangkal pernyataan Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, yang menyebut kalau dirinya telah menawarkan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep ke berbagai partai-partai politik untuk Pilgub Jakarta 2024.

Jokowi menegaskan, bahwa dirinya tak pernah sekalipun menyodorkan nama putranya itu kepada partai politik manapun. 

Bahkan dirinya mempersilahkan, untuk kemudian di konfirmasi kepada partai-partai politik perihal isu tersebut. 

"Saya tidak pernah menyodorkan kepada siapa pun, kepada partai juga tidak pernah. Tanyakan ke partai-partai," tegas Jokowi di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Kata Jokowi, dalam urusan politik ataupun Pilkada, dirinya tak pernah sekalipun ikut campur. Sebab, ia mengaku bahwa dirinya bukanlah Ketua Umum Partai yang mesti mencampuri urusan tersebut. 

"Urusan Pilkada itu urusannya partai politik. Urusan mencalonkan itu juga urusan partai politik. Saya bukan ketua partai, saya bukan pemilik partai. Jadi jangan ditanyakan kepada saya," jelas Jokowi.

Diketahui sebelumnya, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengakui bahwa PKS telah ditawari oleh Presiden Jokowi untuk dapat mengusung Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta 2024. Bahkan diakuinya, tawaran itu juga telah dilakukan ke sejumlah partai politik lainnya. 

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan (Kaesang ke beberapa partai). Sudah menyodorkan, kita lihat saja. Sudah ya, cukup ya. (Disodorkan) Ke mana-mana," kata Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).