PAN Bidik Kader Gerindra untuk Diusung di Pilgub Jateng

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Juli 2024 11:21 WIB
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno (Foto: MI/Dhanis)
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Nama Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono masuk dalam radar Partai Amanat Nasional (PAN) untuk diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebagai calon Gubernur Jateng.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, menilai bahwa Sudaryono memiliki kinerja yang baik dan layak dipertimbangkan. Menurutnya PAN menyambut rencana Partai Gerindra untuk mengusung mantan asisten pribadi Prabowo Subianto itu.

"Mas Sudaryono juga punya kinerja yang baik sebagai Ketua TKD Jawa Tengah. Jadi saya kira saat ini semua peluang terbuka," kata Eddy kepada wartawan, dikutip Jumat (12/7/2024). 

Dia mengatakan keputusan final mengenai pencalonan akan diambil setelah proses konsultasi dan rembukan dengan para ketua umum partai koalisi. Menurutnya kemunculan nama calon dari Koalisi Indonesia Maju pun bakal menjadi pertimbangan PAN.

"Kalau ternyata kemudian teman-teman di koalisi memutuskan si A atau si B, ya kami rembuk. Tentu itu hal yang perlu kami pertimbangkan," ujarnya. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partai-nya sudah memiliki sejumlah nama kader internal yang bakal diusung pada Pilkada 2024, salah satunya Sudaryono yang menjadi harapan internal Gerindra untuk bisa maju di Pilkada Jawa Tengah.

Meski masih dalam tahap finalisasi, menurutnya semua ketentuan dan penetapan akan diserahkan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Namun, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Jumat (7/7), mengatakan Gerindra masih belum menentukan sosok yang akan didukungnya di daerah tersebut. Pihaknya masih menggodok figur yang akan diusung di Jawa Tengah, termasuk kans mengusung kader internal-nya, yakni Sudaryono.