Pengamat: Ridwan Kamil Satu-satunya Lawan Sepadan Anies di Pilgub Jakarta Selain Ahok

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Wacana akan diusungnya Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta kembali menguat usai Golkar lebih memilih kader Gerindra Dedi Mulyadi untuk diusung menjadi calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat. 

Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos, menyebut salah satu sosok yang dapat bersaing dengan Anies Baswedan selain Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada Jakarta adalah Ridwan Kamil. 

"Dan fakta politiknya, RK memang satu-satunya lawan sepadan Anies di Pilgub Jakarta selain Ahok," kata Biran saat dihubungi Monitorindonesia.com Sabtu (3/8/2024). 

Sebab menurut penulis buku negara katanya itu, RK memiliki semua instrumen yang dibutuhkan untuk melawan Anies di Jakarta. 

Bahkan kata Biran, retorika dan gaya komunikasi politik RK dinilai mampu mengimbangi Anies yang disebut-sebut memiliki kecerdasan di atas rata-rata. 

"Dan RK memiliki semua kapasitas yang dimiliki Anies, mulai dari intelektualitas, integritas, moralitas, hingga elektabilitas," ujarnya

"Retorika dan pola komunikasi politik RK juga bisa mengimbangi Anies Baswedan yang selama ini dikultuskan cerdas retorika dan penguasaan narasi isu," lanjut Biran. 

Apalagi kata Biran, jika partai-partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) solid mengusung RK di Jakarta, maka potensi kemenangan Anies di Pilkada Jakarta akan menjadi sangat kecil. 

"Jika RK benar solid diusung KIM di Pilgub Jakarta, maka ini tentu akan menjadi pertarungan dahsyat di Jakarta. Artinya Anies tidak akan mudah memenangkan pertarungan, dan mungkin saja bisa tumbang ditangan RK," pungkasnya.