PKB dan Gerindra Bakal Usung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 18 Agustus 2024 8 jam yang lalu
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M. Hasanuddin Wahid. (Foto: Antara)
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M. Hasanuddin Wahid. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M. Hasanuddin Wahid mengatakan bahwa partainya sudah final bersama Partai Gerindra untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

“Ya intinya kami bersama Gerindra dan semua partai yang mendukung calon dari Gerindra di Pilkada DKI,” ujar Hasanuddin ditemui usai acara Serah Terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB di Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Hasanuddin menegaskan, PKB sudah tidak membuka komunikasi dengan partai politik lain untuk Pilkada Jakarta. Hal ini dia katakan merespons pernyataan PDIP yang menunggu Muktamar PKB untuk memastikan koalisi di kontestasi kepala daerah Jakarta.

“PKB sudah final bahwa PKB untuk Pilkada di DKI ini bersama Gerindra. Jadi, tidak ada pembicaraan di luar itu. Jadi, kami sudah pastikan PKB bersama Gerindra dan siapa calon yang diusung, kita semua juga sudah mengetahui. Karena itu, apa pun pernyataan dari partai-partai lain terkait ke mana sikap PKB, saya pikir sudah jelas dan final PKB bersama Gerindra di Pilkada DKI,” ungkapnya.

BACA JUGA: PKB Usung Rike Iskandar Maju di Pilkada Kabupaten Bogor

Ia pun tidak menampik bahwa PKB bersama Koalisi Indonesia Maju hanya tinggal menunggu waktu untuk mendaftarkan bakal calon kepala daerah Jakarta ke KPU. “Ya mengikuti teman-teman partai-partai yang lain ‘kan yang dirumuskan siapa wakilnya dan sebagainya. Kita tunggu saja,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hasanuddin memastikan PKB akan menghadiri deklarasi pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang direncanakan digelar pada Senin (19/8/2024).

“PKB pasti hadir lah, tanggal 19 pasti PKB bersama mereka, ikut bersama mereka. Pasti kita tunggu undangannya karena kita sudah menyatakan akan bersama mereka. Saya pikir jelas ya,” ucap Hasanuddin.

Diberitakan sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju berencana akan mengumumkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono pada Senin (19/8/2024).

BACA JUGA: Cak Imin Belum Kepikiran Bakal Jabat Ketum Lagi di Muktamar PKB

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," ujar Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/8).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya tengah menunggu Muktamar PKB untuk memastikan koalisi pada Pilkada Jakarta 2024.

"Kami tunggu Muktamar PKB. PKB juga baru melakukan langkah konsolidasi," pungkasnya Hasto ditemui di Parkir Timur Senayan, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu pagi.