Wisata Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 3 Februari 2024 10:37 WIB
Salah satu gedung lawang sewu semarang jawa tengah. (Foto: MI/Nuramin)
Salah satu gedung lawang sewu semarang jawa tengah. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Siapa yang tidak kenal dengan sejarah bangunan tua yang masih berdiri kokoh dan hingga kini masih banyak orang yang berkunjung dan berwisata ketempat ini. Tahukah anda,  Bangunan ini adalah saksi bisu dari peristiwa bersejarah yang berlangsung di Semarang.

Gedung Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan zaman belanda sebagai Kantor Pusat Kereta Api (Trem) atau Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij (NIS) yang terletak di Komplek Tugu Muda. Bangunan karya arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J. Queendag ini menurut sejarah dibangun tahun 1903, kemudian diresmikan pada tanggal 1 Juli 1907.

Masyarakat Semarang lebih mengenal gedung ini dengan sebutan Gedung Lawang Sewu. Karena gedung ini memiliki jumlah pintu yang banyak, yang dalam bahasa jawa Lawang Sewu yaitu Lawang berarti Pintu dan Sewu yang berarti Seribu.

Dsetiap ruangan pada gedung ini terdapat terdapat papan informasi dan tour guide, sehingga para Pengunjung dapat mengikuti tur yang telah dipandu untuk memahami lebih dalam sejarah dan cerita di balik Lawang Sewu.

Kini, Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata yang mempunyai pesona luar biasa, serta meninggalkan kekayaan sejarah yang menarik. Di gedung bersejarah ini anda juga bisa berjalan jalan sambil berfoto, menyusuri ruang bawah tanah.

karena gedung ini memiliki jumlah pintu yang banyak, yang dalam bahasa jawa Lawang Sewu yaitu Lawang berarti Pintu dan Sewu yang berarti Seribu. Sekarang Gedung Lawang Sewu ini digunakan sebagai daya tarik wisata berupa peninggalan sejarah arsitek bangunan kuno dan antik, ruang bawah tanah dan menara informasi, sering pula digunakan sebagai tempat pameran dalam even-even tertentu.

Tiket masuk ke Lawang Sewu juga terbilang murah, cukup membayar sebesar Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Lawang Sewu buka setiap hari, pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. (AM)