Pagu Anggaran PDN Down Rp1,1 Triliun Menteri Munie Harus Mundur

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 30 Juni 2024 23:21 WIB
Uchok Sky Khadafi (Foto: Dok MI)
Uchok Sky Khadafi (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - PDN (Pusat Data Nasional) Down atau dibobol hecker. Dan Kementerian Komunikasi Dan Informatika hanya pasrah dan tidak berani melawan para hacker yang sudah mengunci dan menguasai data nasional tersebut.

Padahal PDN dibangun dengan duit yang tidak sedikit, dan sangat besar sekali. PDN mulai dibangun pada tahun 2019 dengan dengan belanja proyek Jasa Konsultansi Penyusunan Roadmap Penyelenggaraan Pusat Data Nasional 2019-2024 dengan biaya Rp.506.890.000.

Kemudian, dari tahun 2019 - 2024 Kementerian Komunikasi Dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sudah melakukan lelang 16 proyek untuk membangun PDN. 

Dari 16 proyek ini, alokasi anggaran yang akan digelontorkan mencapai Rp.1.1 Triliun. Dan realisasi anggaran PDN dari 2019 - 2024 hanya mencapai sebesar Rp.972 miliar. 

Dan mengapa realisasi anggaran tidak bisa mencapai Rp.1.1 Triliun, karena pada tahun 2021 ada satu proyek yang gagal lelang. Proyek tersebut adalah Jasa Konsultansi Manajemen Proyek Penyelenggaraan Pusat Data Nasional dengan alokasi sebesar Rp.125.990.652.000

Dari narasi diatas, kami dari CBA (Center For Budget Analisis) meminta kepada Menteri Komunikasi Dan Informatika Budi Arie Setiadi alias Munie untuk segera mundur sebagai menteri. 

Tetapi sampai sekarang kelihatan Menteri Munie tenang - tenang saja, tanpa ada rasa bersalah sama sekali.

Padahal, kalau Menteri Munie masih punya kemaluan mesti sudah iklas untuk mundur dari jabatan menteri sejak adanya pengumuman PDN Down oleh Pemerintah.

Tetapi Menteri Komunikasi Dan Informatika tidak tahu malu, dan masih ingin menikmati fasilitas negara yang disediakan oleh sekretariat Jenderal Kominfo seperti sewa kendaraan dinas menteri dan wakil menteri yang menghabiskan anggaran sebesar Rp.756.704.000

Selain itu, CBA juga meminta kepada KPK untuk membuka penyelidiki atas 16 proyek untuk membangun PDN di kementerian Komunikasi Dan Informatika. Dan langkah pertama untuk untuk membuka penyelidiki ini adalah panggil saja menteri Munie ke Kantor KPK.

[Uchok Sky Khadafi - Direktur CBA]