Viral Ungkapan Duka Cita Hilang Rasa Malu Budi Arie Buntut PDN Dibobol

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 3 Juli 2024 1 hari yang lalu
Menkominfo, Budi Arie Setiadi (Foto: Ist)
Menkominfo, Budi Arie Setiadi (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Viral di media sosial sebuah unggahan yang tertuliskan "Turut Berduka Cita atas hilangnya rasa malu" dengan foto Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi.

Dalam foto tersebut, netizen turut mengunggah pernyataan Budi saat rapat komisi 1 DPR RI dengan mengatakan "Alhamdulilah" saat PDNS diserang ransomware

Pada Selasa (2/7/2024) pukul 18.16 WIB, ungggahan Story Instagram tersebut yang sudah di-repost 29 ribu orang pengguna. 

Merujuk kata alhamdulilah dari Budi Arie, kala itu ia ucapkan saat menjelaskan soal serangan server PDN (Pusat Data Nasional) di Komisi I DPR menggelar rapat kerja bersama Kominfo, BSSN, dan Telkom Sigma pada Kamis (27/6/2024).

Awal mulanya Budi menjelaskan ada beberapa tim yang bekerja di PDN Sementara (PDNS) 2 Surabaya yang diserang oleh ransomware Brain Cipper.

"Karena dalam serangan cyber ini selalu analisanya dua aja: ini state actor atau non-state actor. Tapi dalam forum ini saya ingin tegaskan bahwa kesimpulan mereka ini non-state actor dengan motif ekonomi, itu sudah alhamdulillah dulu, karena kalau yang nyerang negara itu berat," kata Budi Arie dalam rapat tersebut, Kamis (27/6/2024).

Anggota Komisi 1 DPR I Fraksi PKS, Sukamta dibuat heran saat dengar ucapan Menkonminfo Budi Arie mengucap syukur pasca pusat data nasional diretas ransomware.

Menurut dia, harusnya Budi mengucapkan Innalillahi, bukan alhamdulilah karena keamanan nasional sedang bermasalah.

Meski demikian, Sukamta mengaku senang karena Budi Ari terkesan religius dan bersyukur di tengah serangan hebat. Akan tetapi di sisi lainnya membuatnya menjadi prihatin.

"Tapi saya prihatin Pak, Bapak bersyukur di tengah serangan yang hebat begini bagi negara Pak. Mengucap alhamdulillah, ini ya bagus, disyukuri, tapi menurut saya lebih tepat Innalillahi Pak daripada Alhamdulillah Pak," tegur Sukamta.

Di sisi lain, komentar-komentar netizen pun bergema di media sosial. Ada yang mengungkapkan rasa kekesalannya terkait hal tersebut.  "Knalpot bobokan gue udah selesai belom?, "kata @ichsan_soebadio78.

"MINIMAL PUNYA MALU, KERJA DIGAJI PAJAK GAK BECUS AMAT BLOKK," kata @mandi.dulu. "Sekelas PDN ga ada backup. Kocak-kocak," kata [email protected]_