Liga 1 Indonesia: PSS Sleman Unggul 1-0 atas Persib

Nuramin Rizky
Nuramin Rizky
Diperbarui 30 April 2024 20:22 WIB
Pemain nomor 10 PSS Sleman, Ajak Chol Riak. (Foto: Antara)
Pemain nomor 10 PSS Sleman, Ajak Chol Riak. (Foto: Antara)

Solo, MI - Kemenangan PSS Sleman atas Persib Bandung dengan skor 1-0 pada laga terakhir Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/4/2024) petang, membawa tim tersebut lolos dari jurang degradasi.

Pada pertandingan terakhir tersebut, PSS Sleman yang bertindak sebagai tuan rumah melakukan berbagai variasi serangan ke pertahanan tim tamu. Namun, PSS yang mampu menguasai pertandingan tidak mampu menciptakan gol ke gawang lawan sehingga kedudukan sama kuat 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PSS harus kehilangan pemain bernomor punggung enam Jihad Ayoub yang harus meninggalkan lapangan pada menit ke-53 karena melakukan pelanggaran keras sehingga menerima kartu merah dari wasit Gedion Pahaherang yang memimpin pertandingan.

Meski bermain dengan 10 orang pemain, namun PSS tetap bermain ngotot untuk memenangi pertandingan guna menambah poin dan menjaga peluang bertahan di Liga 1 Indonesia musim depan.

Hadiah tendangan penalti bagi PSS Sleman menjelang akhir pertandingan, menit ke-89, mampu dieksekusi dengan baik oleh Ajak Chol Riak. Gol tersebut sekaligus menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan tersebut sekaligus membuahkan kemenangan untuk tuan rumah. 

Dengan kemenangan tersebut, PSS Sleman menempati peringkat ke-13 klasemen akhir Liga 1 Indonesia dengan 39 poin dan Persib Bandung berada di posisi kedua dengan 62 poin.

Pelatih PSS Sleman Risto Vidakovic mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya karena mampu menghadapi situasi yang sulit saat menghadapi Persib Bandung. "Mereka bekerja dengan baik dalam situasi yang sulit. Tidak hanya saat melawan Persib tetapi juga di pertandingan lainnya. Mereka berjuang dan bekerja dengan jujur sehingga mereka layak untuk tetap bertahan di Liga 1 musim depan," katanya.

Menurut dia, seluruh pemain dan staf pelatih hingga manajemen terus berusaha untuk saling menguatkan dan mendukung satu sama lain agar mampu melewati musim yang tidak mudah pada tahun ini.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Bojan Hodak mengatakan pada pertandingan tersebut timnya tidak turun dengan kekuatan penuh karena tim memilih mengistirahatkan sejumlah pemain untuk kebutuhan pemulihan demi menghadapi pertandingan Championships Series. Pada laga tersebut Persib memilih menurunkan pemain muda. 

"Hingga babak kedua, kami bermain bagus. Tetapi fokus pemain menurun sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan, yaitu penalti. Hal ini menjadi pembelajaran untuk pemain yang mendapat kesempatan tampil agar lebih baik ke depannya," ujarnya. (AM)