Cegah Praktik Percaloan, ASDP Batam terapkan Beli Tiket Secara Daring

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 16 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Antrian kendaraan roda empat di pelabuhan ASDP Kota Batam. (Foto: Antara)
Antrian kendaraan roda empat di pelabuhan ASDP Kota Batam. (Foto: Antara)

Batam, MI - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menerapkan pembelian tiket secara daring dalam upaya mencegah praktik percaloan tiket.

General Manager PT ASDP Batam Hermin Welkis di Batam, Jumat (16/8/2024) mengatakan menerapkan pembelian tiket kapal Roro itu dapat diakses melalui website dan aplikasi trip.ferizy.com.

BACA JUGA: Sebanyak 42.802 Orang Tinggalkan Jawa Melalui Pelabuhan Merak pada H+3 Lebaran

Ia menyampaikan hingga saat ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat secara bertahap, termasuk di pelabuhan ASDP Batam dan penerapan tersebut aktif dijalankan pada 21 Agustus 2024.

“Terkait pemberlakuan ini kami terus menjalin komunikasi dengan pusat. Jadi penetapan dari pusat itu tanggal 21 Agustus sudah mulai diberlakukan untuk seluruh rute Batam-Tanjunguban dan sebaliknya," ujar Welkis.

Ia menyebutkan pembelian tiket secara daring melalui Ferizy ini telah dilakukan di beberapa pelabuhan di Indonesia dan ASDP Batam menjadi pelabuhan yang ketujuh.

BACA JUGA: Pelabuhan Merak Banten Dipadati Antrian kendaraan Akibat Cuaca Buruk

“Harapan saya layanan ini bisa berjalan dengan baik karena sebagai contoh di pelabuhan di area Indonesia timur seperti Ambon, Kupang sudah mulai diberlakukan," ungkapnya.

Menurutnya, tujuan penerapan aplikasi tiket secara daring juga untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang dalam membeli tiket kapal, sehingga dapat mengatur jadwal keberangkatannya yang diberitahukan setelah melakukan pemesanan tiket tersebut.

Adapun pemesanan tiket bisa dilakukan H-90 sebelum keberangkatan.

BACA JUGA: Pelabuhan Bakauheni Dipadati Pemudik Hendak Menyebrang Ke Pelabuhan Merak pada H+6 Lebaran

“Untuk proses cek in dilakukan di pelabuhan, penumpang bisa menunjukkan kode pemesanan tiket melalui kode barcode kepada petugas,” tandasnya.

Berita Terkait