Joe Biden Mundur dari Pilpres AS, Begini Pernyataannya

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 22 Juli 2024 09:26 WIB
Joe Biden (Foto: Dok MI)
Joe Biden (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan mundur dari pemilihan presiden (Pilpres) AS 2024 pada Minggu (21/7/2024) waktu setempat. Keputusan Biden untuk keluar dari pencapresan adalah demi kepentingan Partai Demokrat dan negara.

Keputusan mengejutkan ini diumumkan Biden setelah desakan mundur yang disuarakan internal Partai Demokrat semakin kencang karena partai tersebut khawatir Biden tidak mampu mengalahkan rivalnya dari Partai Republik, Donald Trump.

Berikut pernyataan lengkap Biden yang memutuskan mundur dari Pilpres AS.

Joseph R. Biden, JR 21 Juli 2024

Rekan-rekan sesama warga Amerika,

Selama tiga setengah tahun terakhir, kita telah mencapai kemajuan yang luar biasa sebagai sebuah Bangsa.

Saat ini, Amerika memiliki ekonomi terkuat di dunia. Kita telah melakukan investasi bersejarah dalam membangun Bangsa, menurunkan harga obat yang untuk para lansia, dan meningkatkan layanan kesehatan yang terjangkau bagi sejumlah warga Amerika.

Kita telah menyediakan perawatan yang sangat dibutuhkan bagi sejuta veteran yang terpapar zat beracun. Mengesahkan undang-undang keselamatan senjata pertama dalam 30 tahun.

Menunjuk wanita Afrika-Amerika pertama di Mahkamah Agung. Dan mengesahkan undang-undang iklim yang paling signifikan dalam sejarah dunia. Amerika tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk memimpin, dibandingkan saat ini.

Saya tahu semua ini tidak akan bisa dilakukan tanpa Anda, rakyat Amerika. Bersama-sama, kita telah mengatasi pandemi yang terjadi sekali dalam satu abad dan krisis ekonomi terburuk sejak Great Depression. Kita telah melindungi dan melestarikan demokrasi kita. Dan kita telah menghidupkan kembali dan memperkuat aliansi kita di seluruh dunia.


Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Presiden Anda. Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya berfokus pada pemenuhan tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya.

Saya akan berbicara di depan publik akhir pekan ini untuk menjelaskan secara rinci tentang keputusan saya.

Untuk saat ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk membuat saya terpilih kembali.

Saya ingin berterima kasih kepada Wakil Presiden Kamala Harris karena telah menjadi mitra yang luar biasa dalam semua pekerjaan ini. Dan izinkan saya menyampaikan penghargaan saya yang tulus kepada rakyat Amerika atas kepercayaan dan keyakinan yang telah Anda berikan kepada saya.

Saya percaya hari ini apa yang selalu saya yakini: bahwa tidak ada yang tidak dapat dilakukan Amerika jika kita melakukannya bersama-sama. Kita hanya perlu mengingat bahwa kita adalah Amerika Serikat.