146 Orang Tewas di Etiopia Selatan Akibat Longsor

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 23 Juli 2024 21:15 WIB
Ilustrasi - Tanah Longsor
Ilustrasi - Tanah Longsor

Etiopia, MI - Korban tewas akibat tanah longsor di Distrik Gofa, Etiopia bagian selatan, bertambah menjadi 146 orang,  kata seorang pejabat pemerintah setempat, Selasa (23/7/2024)pagi.

Tanah longsor yang terjadi di distrik terpencil itu menewaskan 96 pria dan 50 wanita, termasuk anak-anak, kata perwakilan pemerintah Zonal dan ketua komite bencana, Habtamu Fetena.

Jumlah korban tewas mungkin meningkat karena upaya pencarian dan penyelamatan  terus dilakukan, katanya. Bencana tersebut terjadi sebelum tengah hari waktu setempat, menurut Fana Broadcasting Corporate milik negara.

Pejabat setempat lainnya, Misikir Mitiku, mengatakan kepada Fana bahwa tim penyelamat juga termasuk di antara para korban, dan beberapa di antaranya hilang selama upaya pencarian dan penyelamatan.

Menyusul tanah longsor yang mematikan tersebut, Gubernur Gofa Dagmawi Ayele menekankan perlunya pendidikan mitigasi bencana bagi masyarakat di daerah itu agar mereka lebih siap menghadapi bencana serupa di masa depan.

“Masyarakat mulai saat ini harus diperlengkapi dan siap menjaga diri dari bencana seperti itu karena daerah tersebut adalah yang paling rentan,” ujar Ayele.

Dia juga menekankan bahwa upaya pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan dampak penuh dari bencana longsor tersebut belum sepenuhnya dinilai.

Tanah longsor di bagian selatan Ethiopia terjadi berulang kali selama musim hujan yang berlangsung dari Juni hingga Agustus sehingga berkontribusi terhadap ketidakpastian dan bahaya dari kejadian tersebut.