Kegiatan Operasional Pelabuhan di Kanada Tertunda Akibat Kebakaran Hutan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 26 Juli 2024 4 jam yang lalu
Foto udara menunjukkan kebakaran hutan di dekat Downton Lake, bagian selatan British Columbia, Kanada. (Foto: Antara)
Foto udara menunjukkan kebakaran hutan di dekat Downton Lake, bagian selatan British Columbia, Kanada. (Foto: Antara)

Moskow, MI - Pelabuhan Vancouver, pelabuhan terbesar di Kanada, mengharapkan ada penundaan pergerakan barang akibat kebakaran hutan yang menghancurkan di provinsi Alberta, kata Otoritas Pelabuhan Vancouver Fraser di media sosial X.

Kebakaran hutan telah melanda Alberta sejak Senin, memaksa ribuan penduduk kota Jasper dan pengunjung Taman Nasional Jasper untuk menyelamatkan diri ke arah barat ke wilayah British Columbia.

Sistem Peringatan Darurat Alberta mengeluarkan perintah evakuasi pada Selasa untuk penduduk Kota Jasper dan Taman Nasional Jasper karena ancaman kebakaran hutan yang aktif.

Menteri Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Kanada serta anggota parlemen Steven Guilbeault mengatakan 25.000 orang telah dievakuasi. Sementara anggota parlemen Randy Boissonnault, mengatakan 10.000 orang telah berhasil dievakuasi dari Jasper.

"Pembaruan informasi - Pelabuhan Vancouver tetap buka dan beroperasi; namun, kami mengharapkan akan terjadi penundaan dalam pergerakan barang melalui pelabuhan dalam beberapa hari ke depan setelah peristiwa yang menghancurkan di Jasper," ujar otoritas tersebut di kutip pada Jumat (26/7/2024).

Otoritas pelabuhan menambahkan bahwa mereka sedang memantau situasi dan bekerja dengan mitra rantai pasokan untuk memastikan perdagangan Kanada terus bergerak dengan aman dan efisien. Otoritas tersebut juga mengharapkan peningkatan pemanfaatan jangkar di Pelabuhan Vancouver dan British Columbia selatan.

Sebelumnya pada Kamis, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan lebih dari 400 pemadam kebakaran dari Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Afrika Selatan sedang dalam perjalanan untuk membantu memadamkan kebakaran hutan di Kota Jasper.

Dia menambahkan bahwa dia telah mengadakan pertemuan Kelompok Tanggap Insiden mengenai kebakaran hutan dan bahwa otoritas sedang meningkatkan upaya untuk memadamkan kebakaran tersebut.