Korban Tewas di Gaza Hampir Capai 40.100 Orang Akibat Serangan Israel

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 18 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Ilustrasi - Gaza luluh lantak akibat serbuan tanpa henti Israel. (Foto: Antara)
Ilustrasi - Gaza luluh lantak akibat serbuan tanpa henti Israel. (Foto: Antara)

Ankara, MI - Tentara Israel menewaskan 69 warga Palestina lagi dalam serangan di Jalur Gaza, sehingga jumlah korban tewas secara keseluruhan menjadi 40.074 sejak 7 Oktober 2023, kata Kementerian Kesehatan di daerah kantong itu, Sabtu (17/8).

Sebuah pernyataan kementerian menambahkan bahwa sekitar 92.537 orang lainnya telah terluka dalam serangan mematikan yang sedang berlangsung itu. "Pasukan Israel menewaskan 69 orang dan melukai 136 lainnya dalam lima 'pembantaian' terhadap keluarga-keluarga dalam 48 jam terakhir," ujar kementerian itu.

"Banyak orang masih terjebak di bahwa reruntuhan dan di jalan-jalan karena tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka," sambungnya.

BACA JUGA: Tragis! Bayi Kembar Baru Lahir Tewas Dalam Serangan Israel di Gaza

Israel, yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal mereka yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas. Lebih dari 10 bulan dalam perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza terbengkalai di tengah blokade yang melumpuhkan masuknya makanan, air bersih dan obat-obatan.

BACA JUGA: Korban Tewas Akibat Serangan Israel di Sekolah Gaza Diprakirakan Meningkat

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), yang memerintahkannya untuk segera menghentikan operasi militer mereka di selatan kota Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei.