Serangan Udara Israel di Jenin Tewaskan Dua Warga Palestina

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 18 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Akibat serangan udara Israel terhadap kendaraan di Jenin, Palestina. (Foto: Antara)
Akibat serangan udara Israel terhadap kendaraan di Jenin, Palestina. (Foto: Antara)

Ramallah, MI - Setidaknya dua warga Palestina tewas pada Sabtu (17/8/2024) malam akibat serangan pesawat tanpa awak Israel yang menargetkan sebuah kendaraan di kota Jenin, Tepi Barat utara yang diduduki.

“Dua syuhada dibawa ke Rumah Sakit Pemerintah Jenin sebagai akibat pemboman terhadap kendaraan oleh penjajah di kota tersebut,” ujar Kementerian Kesehatan Palestina dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Tumpukan Ribuan Ton Sampah di Gaza Ancam Nyawa Warga Palestina

Palestinian Red Crescent Society menyatakan bahwa tim mereka telah mengevakuasi seorang pemuda berusia 18 tahun dari kendaraan yang dibom di Jenin. "Pesawat tanpa awak tersebut menyerang sebuah kendaraan di Alun-Alun Batikha di Jenin," ucap saksi kepada Anadolu.

BACA JUGA: PBB Kutuk Serangan Udara Israel Tewaskan Warga Palestina di Sekolah Penampungan Gaza

Selama beberapa tahun terakhir, militer Israel telah melakukan serangan rutin di Tepi Barat, yang semakin meningkat sejak dimulainya perang di Gaza pada 7 Oktober 2023.

Setidaknya 635 warga Palestina telah tewas dan hampir 5.400 lainnya terluka akibat tembakan pasukan Israel di wilayah yang diduduki, menurut kementerian.

BACA JUGA: Serang Udara Israel Tewaskan 100 Pengungsi Warga Gaza di Palestina

Dalam Opini Hukum ICJ yang bersejarah pada 19 Juli, Mahkamah Internasional menyatakan bahwa pendudukan Israel selama puluhan tahun atas tanah Palestina adalah ilegal dan menuntut pengosongan semua pemukiman yang ada di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.