Moga-moga Firli Bahuri Tak Mangkir Lagi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 11 November 2023 22:47 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri RDP dengan Kejati Aceh (Foto: Dok MI)
Ketua KPK Firli Bahuri RDP dengan Kejati Aceh (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Ketua KPK Firli Bahuri bisa memenuhi agenda pemeriksaan yang sudah dijadwalkan ulang pada Senin (13/11). Sejatinya Dewas membuat jadwal pemeriksaan terhadap Firli pada Selasa (14/11/2023).  Tetapi jadwal di Dewas padat.

Adapun pemeriksaan Firli terkait dugaan pelanggaran etik dan pedoman perilaku pimpinan KPK. Sebelumnya, Firli diagendakan diperiksa pada Rabu (8/11/2023). Namun Firli tidak bisa hadir dengan alasan dinas luar kota untuk mengikuti acara roadshow bus antikorupsi KPK di Aceh. 

"Kami ajukan karena jadwal Dewas di Selasa padat persiapan untuk Raker," kata Anggota Dewas Albertina Hosaat dikonfirmasi, Sabtu (11/11).

Albertina menambahkan pemerisaan Firli ini untuk mengklarifikasi terkati dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Dewas berharap Firli bisa memenuhi jadwal pemeriksaan agar kasus dugaan pelanggaran etik dan pedoman perilaku pimpinan KPK dapat segera disidangkan. Menurut Alberina, surat panggilan pemeriksaan sudah dilayangkan. Namun, pihaknya belum mendapat konfirmasi dari Firli.  

"Klarifikasi, Pak FB (Firli Bahuri) diajukan ke hari Senin tanggal 13 November jam 10.00. Moga-moga tidak menunda lagi, karena Dewas ingin segera menyelesaikan laporan-laporan ini," tandasnya. (An)