Sibuk Urus HUT RI ke-79, Heru Budi Jadwal Ulang Uji Coba Makan Gratis

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Jakarta, MI - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, akan melakukan uji coba makan gratis usai perayaan HUT ke-79 RI.

Hal itu dikarenakan, saat ini Heru yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) sedang sibuk menyiapkan perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Setelah 17-an besok (uji coba makan gratis). Saya masih ada 17 Agustus. Nanti begitu selesai mungkin hari Senin,” kata Heru di Jakarta, Rabu (15/8/2024).

Kendati demikian, Heru mengatakan lokasi pelaksanaan uji coba makan gratis belum dipastikan. Namun ia akan keliling ke daerah Kalibaru, Cakung, Muara Angke, Cilincing, dan seterusnya.

Sementara untuk biaya pemberian makan gratis, Heru menghitung, apabila makanan yang disajikan senilai Rp15.000 per anak, maka setidaknya pemerintah membutuhkan dana hingga Rp8 juta untuk setiap sekolah.

"Misalnya untuk tahap pertama saya hitung kurang lebih lima sampai delapan juta, anak SD. Kalau bisa, seminggu dua kali," jelas Heru.

Namun, karena anggaran pasti belum dialokasikan, Heru mengatakan akan menggunakan tunjangan operasionalnya sebagai gubernur, untuk menjalankan uji coba program makan gratis tersebut.

Setelah itu, uji coba makan gratis ini nantinya akan dijalankan dengan bantuan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lewat program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sebagai informasi, makan siang gratis ini merupakan program unggulan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, saat kampanye Pilpres 2024 lalu.