Angga Raka Prabowo Dilantik Jadi Wamenkominfo

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Agustus 2024 6 jam yang lalu
Politikus Partai Gerindra, Angga Raka Prabowo [Foto: Instagram/@anggarakaprabowo]
Politikus Partai Gerindra, Angga Raka Prabowo [Foto: Instagram/@anggarakaprabowo]

Jakarta, MI - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, Angga Raka Prabowo akan dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Angga Raka merupakan politikus Partai Gerindra, yang juga pernah menjadi Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Angga Raka Prabowo," kata Budi Arie kepada wartawan, Senin (19/8/2024).

Menurut Budi Arie, tugas Kemenkominfo saat ini sangat berat sehingga dengan adanya penunjukan Angga Raka sebagai Wamenkominfo, berbagai hal dapat dituntaskan dengan cepat.

Ia menjelaskan, sejumlah hal yang harus dituntaskan dalam waktu singkat, yaitu aturan turunan dan kelembagaan untuk pelaksanaan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi, percepatan pemberantasan judi online/daring, perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional serta pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk pelayanan publik.

Untuk diketahui, Presiden akan melantik sejumlah menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin hari ini.

"Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Ari mengatakan, menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Pengangkatan menteri, wakil menteri dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," ujar Ari.