Sesuai Instruksi Pj Gubernur Malut, BPBJ Dorong Pembuatan e-Katalog Konstruksi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 5 Juni 2024 10:15 WIB
Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Malut Abdul Farid Hasan (Foto: MI/RD)
Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Malut Abdul Farid Hasan (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) mengelar rapat persiapan penyajian menu Katalog Elektronik khususnya untuk pekerjaan konstruksi tahun 2024, bertempat di ruang rapat kantor BPBJ, tepatnya di lantai satu kantor gubernur Malut, Senin (5/6/2024).

“Rapat ini dilakukan bersama dengan Inspektorat dan Dinas PUPR,” kata Plt Kepala BPBJ Abdul Farid Hasan, kepada wartawan usai rapat.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan langkah awal diskusi dalam penyamaan persepsi sebelum melakukan pembuatan e-katalog konstruksi.

Selain itu, berdasarkan pembahasan sebelumnya, bahwa e-katalog konstruksi tersebut dipersiapkan untuk proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) milik Dinas PUPR Malut, dengan pekerjaan awal yaitu untuk pembuatan jalan dan irigasi.

“Saat ini, kita masih lakukan penyamaan persepsi, mudah-mudahan dengan rapat ini kita bisa satukan persepsi antara PUPR dan Inspektorat, sehingga dapat berupaya untuk mempercepat pelaksanaan proyek DAK PUPR,” harapnya.

Ia menambahkan, prinsipnya kami semua mendukung agar katalog konstruksi ini bisa berjalan dengan baik, karena salah satu semangat MSPI KPK adalah katalog untuk konstruksi.

Hal ini juga sesuai arahan PJ Gubernur bahwa Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK harus dipatuhi, sehingga ini merupakan langkah awal kita sesuai apa yang diinstruksikan oleh PJ Gubernur Malut Samsuddin A. Kadir.

“Saya berharap, rapat yang dilaksanakan dapat menjadi dasar yang kokoh dalam memulai dan menyelesaikan proyek konstruksi melalui sistem e-Katalog lokal," harapnya. (RD)