Kemenag Gelar Utsawa Dharmagita di Solo

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 8 Juli 2024 16:37 WIB
Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof Duija. (Foto: Antara)
Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof Duija. (Foto: Antara)

Solo, MI - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024 di Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah.

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof Duija di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/7/2024) mengatakan ajang tingkat nasional yang diselenggarakan 8-12 Juli ini akan diikuti oleh para peserta atau utusan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ia mengatakan sebanyak 1.561 orang yang terdiri atas 1.324 peserta dan 237 official siap mengikuti lomba keagamaan agama Hindu tersebut. Ia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran kitab suci Weda beserta susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa.

Selain itu, menurut dia UDG juga digelar untuk memperkuat sikap moderasi beragama dan meningkatkan kerukunan umat beragama. "Selain itu, juga meningkatnya kajian kitab suci Veda dan Susastra Veda dalam mendukung pembangunan literasi bangsa," ucapnya.

Ia mengatakan pada tahun ini ajang tersebut mengusung tema Dharmagita dari Paramaçastra menuju Paramatattva, yang artinya Dari Seni Sastra Menuju Kebenaran Substantif. "Tema ini merepresentasikan eksistensi seni sastra yang kian penting untuk dilestarikan sekaligus sebagai landasan filosofis kebenaran," katanya.

Sementara itu, Dharmagīta adalah seni melafalkan kitab-kitab suci Weda. Menurut dia, sastra Hindu tersebut perlu digali dan diaktualisasikan melalui seni keagamaan agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya.

"Seni yang dimaksud adalah Dharmagīta. Dharmagīta sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Hindu di seluruh Indonesia," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta'in Ahmad mengatakan Jawa Tengah sudah mempersiapkan kontingen dengan baik.

"Untuk Jawa Tengah punya dua kepentingan, pertama bagaimana kita jadi juara. Target kedua adalah menyukseskan penyelenggaraan Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024 di kota yang penuh dengan kebudayaan ini," ungkapnya. (AM)