POPDA XI Ditutup, Atlet Maluku Utara Siap Guncang Pentas Nasional?

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 26 Juli 2024 4 jam yang lalu
Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurlela Muhammad memberikan tropi bergilir kepada juara umum POPDA XI tingkat provinsi kepada atlet Kota Ternate (Foto: MI/RD)
Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurlela Muhammad memberikan tropi bergilir kepada juara umum POPDA XI tingkat provinsi kepada atlet Kota Ternate (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI tingkat Provinsi Maluku Utara resmi ditutup oleh Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurlela Muhammad, dalam sebuah acara yang berlangsung meriah di lapangan bola Desa Somahode, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Jumat (26/7/2024).

Acara penutupan ini dihadiri oleh para atlet pelajar yang telah berkompetisi dan menjuarai berbagai cabang olahraga.

Dalam sambutannya, Nurlela Muhammad menegaskan pentingnya penyelenggaraan POPDA sebagai bagian dari tanggung jawab pemerintah daerah yang diatur dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Olahraga.

Ia menekankan bahwa kegiatan ini harus dilaksanakan dengan memperhatikan tujuan keolahragaan nasional dan prinsip-prinsip penyelenggaraan olahraga.

"Penyelenggaraan POPDA merupakan kewajiban bagi Pemerintah Daerah sebagaimana termuat dalam Undang-Undang No 11 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Olahraga". 

"Penyelenggaraan ini hendaknya dilakukan dengan tetap memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinsip-prinsip penyelenggaraan itu sendiri, yakni sosialisasi olahraga, penjaringan bibit-bibit atlet potensial, peningkatan kesehatan dan kebugaran, peningkatan prestasi olahraga, pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa, serta peningkatan ketahanan nasional,” ujar Nurlela dalam sambutannya.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya keselamatan dan keamanan selama pertandingan. “Keselamatan dan keamanan selama pertandingan hendaknya terus mendapat perhatian dan penanganan yang memadai,” tambahnya.

Nurlela Muhammad berharap satuan pendidikan di Maluku Utara dapat memainkan peran aktif dalam menggali dan membina potensi pelajar dalam bidang olahraga.

“Satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan diharapkan juga memantau, menggali, memandu, dan membina potensi pelajar. Paradigma keolahragaan yang harus kita bangun adalah bagaimana atlet-atlet pelajar kita mampu berprestasi di tingkat nasional. Jika ini dapat diwujudkan, kita akan menyaksikan bendera Provinsi Maluku Utara berkibar di pentas Olahraga Pelajar Nasional,” jelasnya.

Dalam pidatonya, Nurlela juga merujuk pada Kepres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang memerintahkan setiap daerah untuk menetapkan dan membina minimal satu cabang olahraga unggulan yang sesuai dengan potensi daerah masing-masing. 

“Berdasarkan Kepres 86 Tahun 2021 tentang DBON atau Desain Besar Olahraga Nasional, kita diperintahkan agar masing-masing daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota bahkan kecamatan untuk menetapkan dan membina minimal satu cabang olahraga unggulan yang benar-benar mengacu pada potensi yang dimiliki masing-masing daerah,” katanya.

Nurlela Muhammad mengajak seluruh pihak untuk mengimplementasikan konsep ini dengan baik, melalui koordinasi intensif antar institusi olahraga dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Ia menekankan pentingnya menyusun program jangka menengah dan jangka panjang yang efektif dan bermanfaat.

“Untuk itu, marilah konsep ini kita implementasikan karena sudah menjadi tugas bagi pemerintah daerah untuk mengakomodir potensi keolahragaan di daerahnya masing-masing. Lakukanlah koordinasi intensif seluruh institusi keolahragaan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota hingga ke tingkat provinsi. Susunlah program jangka menengah yang efektif dan jangka panjang yang berdaya guna secara bersama-sama agar seluruh biaya yang telah dianggarkan tidak menjadi sia-sia,” tuturnya.

Selain itu, Nurlela memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelajar yang telah berpartisipasi dalam POPDA XI. Ia berharap para pelajar dapat terus menumbuhkan semangat untuk menjadi yang terbaik dengan cara yang santun, beretika, dan bermartabat. 

“Untuk itu besar harapan saya kepada seluruh pelajar agar tumbuhkan semangat menjadi yang terbaik dengan cara-cara yang santun, beretika, dan bermartabat sehingga kelak kalian menjadi atlet sejati kebanggaan Maluku Utara,” katanya.

Nurlela juga mengimbau satuan pendidikan dan pemerintah daerah untuk memberikan apresiasi yang pantas kepada para atlet pelajar dalam bentuk beasiswa, keringanan biaya pendidikan, dan pemberian nilai akademik yang wajar. Ia menekankan bahwa penghargaan dan apresiasi semacam ini dapat memotivasi dan membangkitkan semangat para pelajar dalam meraih prestasi terbaik di bidang olahraga dan akademik.

“Melalui POPDA ini pula kalian berkesempatan mengharumkan kabupaten/kota yang kalian bela. Untuk itu, saya menghimbau kepada satuan pendidikan maupun kepada masing-masing bupati dan walikota, kiranya dapat mengapresiasi segala daya dan hasil upaya yang telah ditunjukan oleh para atlet pelajar ini, dalam bentuk pemberian beasiswa, keringanan biaya pendidikan, pemberian nilai akademik yang wajar, karena penghargaan dan apresiasi seperti itu dapat memotivasi dan membangkitkan semangat para pelajar dalam meraih prestasi terbaik di bidang olahraga dan akademiknya nanti,” ungkap Nurlela.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan POPDA XI, termasuk para bupati dan walikota se-Provinsi Maluku Utara, panitia pelaksana, dewan juri, wasit, tim kesehatan dan keamanan, serta unit pendidikan yang telah mengirimkan para atletnya.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada semua bupati/walikota se-Provinsi Maluku Utara yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini. Hal yang sama juga saya sampaikan kepada panitia pelaksana, induk cabang olahraga, dewan juri dan wasit, tim kesehatan dan keamanan serta unit pendidikan yang telah mengirimkan para atletnya pada kegiatan POPDA ini, dan kepada semua pihak sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas dukungan pada pelaksanaan kegiatan ini,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Nurlela mengucapkan selamat kepada para atlet yang meraih medali dan berharap mereka terus mempertahankan prestasi dan semangat perjuangan untuk Maluku Utara. 

“Kepada semua atlet yang meraih medali, saya ucapkan selamat. Pertahankan prestasi yang telah kalian raih, kobarkan semangat perjuangan agar berprestasi untuk Maluku Utara,” katanya.

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, Nurlela secara resmi menutup Penyelenggaraan POPDA XI Tahun 2024. “Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, dan dengan mengucapkan Alhamdulillah Hirabbil Alamin, saya menutup secara resmi Penyelenggaraan POPDA KE XI Tahun 2024,” ujarnya. (RD)