Mobil Minibus yang Terjun ke Danau Toba Telah Ditemukan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 1 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Tim SAR Gabungan berhasil menemukan satu unit mobil minibus yang terjatuh ke Danau Toba. (Foto: Antara)
Tim SAR Gabungan berhasil menemukan satu unit mobil minibus yang terjatuh ke Danau Toba. (Foto: Antara)

Medan, MI - Tim SAR Gabungan berhasil menemukan satu unit mobil minibus yang terjatuh ke Danau Toba, Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Rabu (31/7/2024) kemarin.

Koordinator Pos SAR Danau Toba, Hisar Turnip mengatakan operasi pencarian itu dilakukan dengan menurunkan tim penyelam dari Pos SAR Danau Toba.

“Sejak pagi tadi mulai pukul 09.00 WIB, kami telah menurunkan tim penyelam guna menemukan lokasi minibus di dasar danau," ucap Hisar dalam keterangan resmi yang diterima, di Medan, Kamis (1/8/2024).

Selanjutnya, tim penyelaman melakukan penyisiran pada radius 10 meter dengan kedalaman 10-15 meter guna memeriksa dan memastikan apakah masih ada korban yang terjebak di dalam kendaraan.

"Selanjutnya tim melakukan penyelaman dengan menyisir di sekitar area pada radius sekitar 10 meter dengan kedalaman 10-15 meter, namun tim tidak menemukan adanya korban lain dari kejadian naas tersebut," ungkapnya.

Lalu, lanjut dia, dengan hasil pencarian tim penyelam itu, tim gabungan melaporkan informasi dan berkoordinasi dengan pihak keluarga apakah ada korban yang lain dalam peristiwa naas tersebut. Pihak keluarga pun memastikan bahwa tidak ada lagi korban yang dinyatakan hilang.

“Dikarenakan tidak ada lagi korban yang dinyatakan hilang dan telah memastikan di sekitar area tidak ada lagi ditemukan korban sehingga setelah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kebijakan terkait yang terlibat operasi pencarian korban kami nyatakan selesai dan ditutup," pungkasnya.

Sebelumnya, tim gabungan mengevakuasi satu orang korban dalam peristiwa naas tersebut. Direktur Operasi Basarnas Edy Prakoso yang dihubungi dari Jakarta, Rabu malam mengatakan bahwa korban merupakan pria berinisial EH (53), warga Desa Ujung Mariah, Kecamatan Pematang Silima Huta, Kabupaten Simalungun.

Korban EH berhasil dievakuasi personel Pos SAR Danau Toba dalam keadaan meninggal dunia yang saat ini jasadnya sudah diserahkan kepada pihak keluarga di Desa Ujung Mariah.

Jasad korban tersebut sebelumnya ditemukan berada di tengah Danau Toba pada kedalaman 15 meter oleh personel tim SAR yang melakukan penyelaman sekitar pukul 19.55 WIB.

Menurut Edy, EH diduga merupakan salah satu penumpang minibus Innova berwarna hitam dengan nomor polisi BK 1542 yang dilaporkan jatuh ke Danau Toba tepatnya di sekitar Pantai Sukacita Desa Tongging, Karo pada Rabu malam.