Tanggapan Atas Klarifikasi Wartawan Mengenai Perkataan Ketua KPU Hasyim Asy'ari "Roy Suryo Tukang Fitnah"

Roy Suryo, Pemerhati Multimedia - Telematika Independen

Roy Suryo, Pemerhati Multimedia - Telematika Independen

Diperbarui 24 Desember 2023 18:20 WIB
Roy Suryo, Pemerhati Multimedia - Telematika Independen (Foto: Istimewa)
Roy Suryo, Pemerhati Multimedia - Telematika Independen (Foto: Istimewa)

MENYETIR dari klarifikasi wartawan mengenai Pemberitaan yang isinya adalah "Roy Suryo Tukang Fitnah" yang merupakan perkataan dari Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, saya menyampaikan sebagai berikut:

Saya sendiri tidak mengetahui apa dasar, latar belakang dan niat dari Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, yang mengucapkan (atau menuliskan) perkataan "Roy Suryo Tukang Fitnah".

Saat ini tim hukum saya sedang mengkaji langkah-langkah apa yang akan kami tempuh terhadap perkataan (atau tulisan): 

"Roy Suryo Tukang Fitnah" yang disampaikan oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, mengingat pemahaman mengenai kata tukang adalah seorang ahli atau seorang yang memiliki kebiasaan dan diakui tentang sesuatu. 

Salah satu definisi dari KBBI arti tukang adalah orang yang pekerjaannya melakukan sesuatu secara tetap, misalnya tukang kayu/tukang mebel atau bisa juga terdapat arti lain: yaitu orang yang biasa melakukan sesuatu yang kurang baik, misalnya (tukang) mabuk, serobot, copet, tadah, catut.

Kajian tim hukum saya, perkataan dari Ketua KPU, Hasyim Asy'ari dimaksud terindikasi terjadinya pencemaran nama baik atau fitnah terhadap diri saya yang dapat dimintai pertanggungjawaban sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.