TKN Imbau Pendukung Tak Reaktif Soal Narasi Pemilu Curang

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 21 Maret 2024 12:46 WIB
Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad, mengimbau agar para pendukung paslon 02, tidak reaktif dengan narasi Pemilu curang. Sebab, KPU sudah menetapakan hasil pemilu. 

"Kami selama ini juga tidak mau reaktif terhadap itu. Tapi karena penetapan KPU, sudah ditetapkan kami juga mengimbau kepada pendukung Prabowo-Gibran untuk tetap bersabar," kata Dasco di Kantor KPU RI, jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) malam. 

Menurut Dasco, sangat tidak bermanfaat menanggapi isu yang tak terbukti kebenarannya. Lebih baik, bersama-sama menjaga agar situasi tetap kondusif pasca Pemilu 2024.

Selain itu, ke depan masih ada proses gugatan sengketa hasil di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jangan kemudian reaktif terhadap persangkaan curang dan lain-lain. Itu kita tetap menunggu hasil MK, dengan baik," kata Ketua harian Partai Gerindra itu. 

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan bahwa pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak dalam Pilpres 2024 sekaligus menetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara. Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.