PKB Akui Sudah Ada Pembicaraan untuk Usung Anies Baswedan pada Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 21 Mei 2024 13:02 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda, mengatakan bahwa partainya sudah melakukan komunikasi dengan mantan capres koalisi perubahan, Anies Baswedan untuk kemungkinan diusung menjadi bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada serentak 2024.

Meski sudah melakukan pembicaraan mengenai kans Anies kembali maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta, PKB hingga saat ini belum mengeluarkan keputusan resminya. 

"Komunikasi awalan tepatnya (sudah dilakukan). Jadi secara tahapan, PKB belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024). 

Kata Huda, dari hasil diskusi dengan pihak-pihak yang pro terhadap Anies, PKB akan mempertimbangkan dengan serius pencalonan Anies pada Pilkada Jakarta. 

"Tapi dari hasil diskusi obrolan dari teman-teman kanan-kiri Mas Anies, kira-kira kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi," ujarnya. 

Kendati begitu, Huda meminta agar semua pihak bersabar sampai waktu untuk pendaftaran pencalonan kepala daerah melalui jalur partai politik dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Ya kita lihat nanti, pendaftaran tanggal berapa ya? 27 Agustus, kita lihat perkembangannya kayak apa," ucapnya. 

Namun ketika ditanya soal peluang kader internal PKB seperti Ida Fauziah apakah sudah pupus, Huda menjawab bahwa Ida sampai hari ini masih menjadi calon kandidat terkuat dari partainya untuk Pilgub Jakarta. 

"Yang jelas sampai hari ini kita masih punya calon kandidat, yaitu Ida Fauziah," pungkasnya.