PDIP Buka Peluang untuk Menggandeng Airin pada Pilgub Banten

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 29 Mei 2024 13:11 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - DPP PDI Perjuangan terus menyiapkan diri menghadapi untuk Pilkada Serentak 2024, satu di antaranya pada pemilihan gubernur (Pilgub) Banten. 

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, mengatakan bahwa pihaknya masih belum memutuskan sosok atau nama yang akan diusung pada Pilgub Banten. 

"Banten sama, kita masih dalam tahap penjaringan ya dan ini teman-teman DPP diturunkan untuk mengampu, contoh untuk Sumut saya ditugaskan untuk mengampu Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. 

Namun kata Djarot, tidak menutup kemungkinan PDIP akan ikut mengusung atau menggandeng nama mantan wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany pada Pilgub Banten. 

"Masih dijajakin semua potensi, kemungkinan-kemungkinan," ucap Djarot. 

"Yang penting PDI Perjuangan itu membuka ruang untuk bisa bekerja sama dengan partai-partai lain yang sejalan sesuai dengan visi dan misi partai," tambahnya menegaskan. 

Untuk diketahui, hingga sejauh ini terdapat empat nama mantan kepala daerah yang siap bersaing berburu tiket untuk dapat maju dalam Pilgub Banten 2024.

Keempat mantan kepala daerah tersebut diantaranya adalah mantan Wali Kota Tangerang, Selatan Airin Rachmi Diany dari Partai Golkar.

Lalu ada mantan Bupati Pandeglang, Achmad Dimyati Natakusumah dari PKS dan mantan Gubernur Banten, Rano Karno dari PDIP. 

Selanjutnya yang keempat adalah mantan Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah dari Partai Demokrat.