Banteng Resmi Usung Edy Rahmayadi Sebagai Penantang Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Petahana, Edy Rahmayadi resmi diusung PDIP di Pilkada Sumut 2024 (Foto: Ist/Repro)
Petahana, Edy Rahmayadi resmi diusung PDIP di Pilkada Sumut 2024 (Foto: Ist/Repro)

Medan, MI - PDI Perjuangan resmi menugaskan Edy Rahmayadi untuk maju sebagai bakal calon gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) pada Pilkada 2024 untuk menantang Bobby Nasution yang sudah terlebih dahulu diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Penyerahan surat tugas tersebut diserahkan langsung Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun pada acara Apel Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan, di Medan, Sabtu (10/8/2024).

"Saya dan jajaran DPP, jajaran Satgas dari pusat, kami ditugaskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan untuk menyerahkan tugas partai kepada Bapak Letnan Jenderal Edy Rahmayadi nanti menjadi Gubernur Sumatera Utara," ujar Komarudin Watubun.

Komarudin menjelaskan, dalam surat tugas tersebut, Edy Rahmayadi diminta untuk melaksanakan sejumlah tugas termasuk melakukan konsolidasi internal serta melakukan pemetaan politik untuk menghadapi Pilkada 2024 mendatang.

"Letnan Jendral Purnawirawan Edy Rahmayadi sebagai calon Gubernur Sumatera Utara untuk melaksanakan konsolidasi pada tahun 2024 kepada PDI-P, DPC hingga ranting dan anak ranting untuk pemenangan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, mantan Gubernur Sumatera Utara itu juga dikenakan rompi PDI-P sebagai simbolis bahwa partai berlambang banteng moncong putih tersebut mendukung Edy Rahmayadi pada Pilkada 2024 yang ditandai dengan penyerahan surat tugas.

Seperti diketahui Pemilu legislatif Sumut 2024, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini memperoleh sebanyak 21 kursi dari 100 kursi di DPRD Provinsi Sumut yang secara otomatis telah memenuhi syarat 20 persen perolehan kursi untuk mengusung calon gubernur-wakil gubernur.

Untuk diketahui pada sebelumnya, nama Bobby Nasution yang merupakan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi dukungan untuk maju di Pilkada Sumut 2024 oleh beberapa partai politik yakni, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, NasDem, PAN dan PKS.