Gawat...Gile...!PDIP Mau Direbut

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 14 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok MI/Aswan)
Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok MI/Aswan)

Jakarta, MI - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengklaim bahwa ada pihak yang ingin mengambil alih partai berlambang banteng moncong putih tersebut. 

Megawati bercerita karena diminta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto untuk kembali menjadi ketua umum.

Mulanya Megawati meminta waktu karena ingin berkumpul bersama keluarganya di usia yang sudah tak lagi muda lagi yakni 77 tahun.  "Ini diminta jadi ketum lagi, ketum lagi. Sudah begitu sekarang ada pula orang mau ngambil PDIP, aih gawat haha gile. Eh begitu dengar ini akan diambil nih kayanya PDIP, 'Saya mau jadi ketua umum lagi'," tegas Megawati dalam sambutannya di Kantor DPP PDIP, Rabu (14/8/2024).

Kecewa

Megawati juga mengutarakan kekecewaan terhadap kadernya di PDIP yang terkadang tidak manut pada perintahnya. Mantan Presiden ke-5 RI itu meminta kepada jajarannya agar patuh pada perintahnya apabila dirinya menjadi Ketua Umum PDIP kembali. “Mesti turut perintah saya makanya manis-manis saja sama saya,” jelas Megawati. 

BACA JUGA: Disebut Ada yang Ingin Ambil Alih PDIP, Megawati Putuskan Batal Pensiun Jadi Ketum

Megawati sebelumnya memperpanjang masa jabatan kepengurusan PDIP hingga 2025.

Berdasarkan Kongres PDIP sebelumnya, kepengurusan ini seharusnya sudah berakhir pada September 2024. Keputusan Megawati ini berarti menggeser masa kepengurusan sesuai dengan pelaksanaan kongres tiap lima tahun. 

Dinamika politik

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bidang Politik, Puan Maharani mengatakan perpanjangan masa jabatan pengurus sebagai bentuk adaptasi dari dinamika politik. 

Menurut dia, PDIP baru saja menuntaskan pertarungan pada Pemilu 2024. 

Akan tetapi, partai ini masih harus melanjutkan dengan mempersiapkan Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar November mendatang. Hal ini membutuhkan kepengurusan yang solid untuk mempercepat seluruh proses pemenangan di sejumlah daerah.

BACA JUGA: 5 Hari Lagi, Cagub Ridwan Kamil-Cawagub Suswono Diumumkan

Meski diperpanjang, Megawati ternyata memasukkan sejumlah nama baru ke dalam kepengurusan DPP PDIP.

Dua di antaranya adalah mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menjadi Ketua DPP PDIP bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah; serta mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai Ketua DPP PDIP bidang Perekonomian. (an)