Derrr! Sidang Tahunan MPR Riuh Tepuk Tangan, Puan Ucapakan Selamat ke Prabowo-Gibran

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Tangkapan layar]
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Tangkapan layar]

Jakarta, MI - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengucapakan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam sidang Tahunan MPR DPR DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jum'at (16/8/2024).

Ucapan itu disampaikan Puan setelah bangsa ini, telah sukses menyelenggarakan pemilu 2024.

"Kita ucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih," kata Puan disambut tepukan tangan peserta siding, Jumat (16/8/2024).

Selanjutnya, ketua DPP PDIP ini juga mengucapkan selamat kepada para calon anggota terpilih DPR, DPP dan DPRD pemilu 2024.

Dalam kesempatan itu, Puan menjelaskan pemilu bagi rakyat adalah pesta demokrasi yang cukup penting. Para kandidat yang berkontestasi, memberikan hiburan bagi masyarakat agar rakyat bergembira, seperti konsumsi, oleh-oleh ataupun pagelaran seni.

"Para calon pun berupaya menyenangkan pemilih agar dapat merebut suaranya, berusaha tampil simpatik, foto diri yang terbaik dipajang sampai ke pelosok-pelosok, rumah makan, pohon-pohon jadi korban tiang listrik penuh tempelan, semua cara dilakukan untuk mendapatkan suara rakyat," ujarnya.

Lantas Puan menyinggung para kandidat, yang gagal dalam pesta demokrasi itu jatuh merasakan kesulitan. Namun yang berhasil tentunya, akan mendapatkan kebahagiaan yang mendalam.

"Bagi yang berhasil dalam Pemilu, semua hal menjadi indah untuk dikenang,  sementara bagi yang belum berhasil, merasa serba sulit sulit makan, sulit tidur, bahkan ada yang sulit untuk bangkit kembali," jelasnya.

"Itulah potret Pemilu 2024. Haruslah menjadi kritik dan otokritik bagi kita semua," tandasnya.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.