Mengenang Herry Barus: Sahabat yang Penuh Kasih, Sabar dan Murah Hati

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 11 Agustus 2024 1 hari yang lalu
Herry Barus (kiri) dan Dar Edi Yoga (kanan) (Foto: Istimewa)
Herry Barus (kiri) dan Dar Edi Yoga (kanan) (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Pada 9 Agustus 2024 pukul 17.57, dunia jurnalistik kehilangan salah satu tokoh terbaiknya, Herry Barus. Lahir pada 26 September 1965, Herry dikenal sebagai sosok yang tinggi besar, hangat, dan selalu murah senyum. 

Kehadirannya selalu memberikan aura positif yang membuat siapa saja merasa nyaman di sekitarnya, kata Dar Edi Yoga, praktisi media Jakarta.

Herry adalah suami yang penuh kasih bagi Mimi Saras dan ayah yang baik bagi dua anaknya, Olenka Barus dan Edgar Barus. 

Dalam perjalanan kariernya, Herry telah bekerja di berbagai media terkemuka seperti Berita Satu Media Holdings/Investor.co.id, Globe Media, Kompas Gramedia Grup, dan terakhir sebagai redaktur di Industry.co.id. 

"Di setiap tempat ia bekerja, Herry selalu dikenal sebagai profesional yang dihormati dan disayangi oleh rekan-rekannya," ungkap Yoga, Minggu (11/8/2024).

Sebagai seorang jurnalis, lanjut Yoga, Herry memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi. Menurut Yoga, Herry selalu menjadi teman diskusi yang bijak, bahkan dalam situasi yang menegangkan. 

"Jika lawan bicara bernada tinggi, Herry tetap tenang dan sabar menanggapinya. Ia tidak pernah marah dan selalu memberikan tanggapan yang penuh pengertian, menjadikannya figur yang dihormati oleh semua," ungkap Yoga.

Di lain sisi, Herry juga salah satu tokoh yang ikut mendirikan dan membesarkan Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI). Dedikasinya terhadap AMDI menunjukkan betapa besar komitmennya terhadap perkembangan media digital di Indonesia. 

Dalam kiprahnya, Herry masuk sebagai pengurus di AMDI, sebuah pencapaian yang sangat dibanggakan.

Di luar dunia jurnalistik, Herry juga dikenal memiliki kecintaan terhadap kuliner. 

"Dia sering membagikan informasi tentang tempat makan enak di akun media sosialnya, memberikan rekomendasi yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pengikutnya. Kegemarannya ini menambah warna dalam hidupnya serta mempererat hubungan dengan banyak orang melalui passion yang sama," beber Yoga.

Menurut Yoga, kepergian Herry meninggalkan duka mendalam di hati keluarga, sahabat, dan rekan-rekannya. "Kenangan akan kebaikan, kebijaksanaan, dan keceriaannya akan selalu hidup di hati mereka yang mengenalnya. Herry adalah sosok yang selalu memberikan aura positif dan membuat siapapun merasa nyaman di sekitarnya," lanjut Yoga.

Dalam setiap interaksinya, Herry selalu memberikan tanggapan yang penuh pengertian. Ia tidak pernah marah dan selalu sabar menanggapi situasi yang menegangkan. 

Integritas dan dedikasi yang tinggi membuatnya dihormati oleh semua orang yang pernah bekerja dengannya. Herry, tambah Yoga, adalah teman diskusi yang bijak dan sabar, sebuah kualitas yang jarang ditemukan".

"Selamat jalan, Herry Barus. Engkau adalah sahabat yang penuh kasih, sabar, dan murah hati. Terima kasih atas semua kenangan indah yang telah kita lalui bersama. Semoga Tuhan memberikan ketenangan dan kedamaian abadi di surga," ucap Yoga.

"Kepergianmu memang meninggalkan kehampaan, namun semangat dan kenangan tentang dirimu akan terus menginspirasi kami semua. Sampai jumpa di kehidupan yang kekal," demikian Yoga mengenang Herry.