Liga Inggris: Newcastle Naik Ke Peringkat Enam Usai Bantai Burnley 4-1

Nuramin Rizky
Nuramin Rizky
Diperbarui 5 Mei 2024 02:11 WIB
Newcastle United's Brazilian striker Joelinton controls the ball during the UEFA Champions League. (Foto: Antara)
Newcastle United's Brazilian striker Joelinton controls the ball during the UEFA Champions League. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Newcastle naik ke peringkat keenam klasemen sementara setelah menghajar Burnley dengan skor 4-1 pada pekan ke-35 Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Burnley, Sabtu atau Minggu (5/5/2024) WIB.

Kini Newcastle telah mengumpulkan total 56 poin dari 35 pertandingan, sementara Burnley masih berada di zona degradasi, tepatnya peringkat 19 dengan 24 poin dari 36 laga, demikian catatan Premier League.

Pada pertandingan ini kemenangan Newcastle hadir berkat gol-gol Callum Wilson, Sean Longstaff, Bruno Guimaraes dan Alexander Isak, sedangkan Burnley sempat memperkecil ketertinggalannya melalui Dara O'Shea.

Secara statistik Newcastle mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 53 persen penguasaan bola serta melepaskan total 11 tendangan tepat sasaran.

Newcastle mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 19 lewat gol yang diciptakan oleh Callum Wilson sehingga skor berubah menjadi 1-0.

The Magpies mampu menambah keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit 35 setelah umpan Jacob Murphy dapat dikonversikan menjadi gol oleh Sean Longstaff.

Newcastle menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 setelah Bruno Guimaraes turut mencatatkan dirinya di papan skor setelah memaksimalkan umpan Anthony Gordon pada menit 40.

Memasuki babak kedua, Newcastle tidak mengendurkan serangan dan mampu menambah keunggulan menjadi 4-0 melalui gol yang dicetak oleh Alexander Isak.

Empat menit sebelum pertandingan selesai, Burnley mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-4 setelah umpan sepak pojok Johann Gudmundsson dapat disambut sundulan Dara O'Shea.

Selanjutnya pada pekan ke-37 Liga Inggris, Newcastle dijadwalkan menjamu Brighton, Sabtu (11/5), sedangkan Burnley bertandang ke markas Tottenham Hotspur, di hari yang sama.

Berikut hasil Liga Inggris pekan ke-36:

Luton Town 1 - 1 Everton

Arsenal 3 - 0 Bournemouth​​​​​​​

Brentford 0 - 0 Fulham​​​​​​​

Burnley 1 - 4 Newcastle​​​​​​​

Sheffield United 1 - 3 Nottingham Forest.

(AM)