Bursa Asia Cerah di Awal Pekan

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 6 November 2023 13:51 WIB
Ilustrasi Bursa Tokyo (Foto : Reuters)
Ilustrasi Bursa Tokyo (Foto : Reuters)

Jakarta, MI - Bursa Asia-Pasifik dibuka menguat pada perdagangan Senin (6/11), kenaikan sejumlah indeks di bursa Asia terjadi seiring dengan optimisme pasar. Hal itu terjadi karena jeda kenaikan suku bunga The Federal Reserve (The Fed) dan melandainya imbal hasil (yield) obligasi alias US Treasury.

Dilansir Reuters (06/11), indeks Nikkei 225 Jepang terbang 2,28%, Hang Seng Hong Kong melonjak 1,41%, Shanghai Composite China menguat 0,69%, Straits Times Singapura bertambah 0,49%, ASX 200 Australia tumbuh 0,33%, dan KOSPI Korea Selatan meroket 2,87%.

Bursa Asia-Pasifik yang terpantau bergairah, mengikuti pergerakan bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street pada perdagangan akhir pekan lalu, yang juga ditutup bergairah.

Pada perdagangan Jumat pekan lalu, indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) ditutup menguat 0,66%, S&P 500 melesat 0,94%, dan Nasdaq Composite berakhir melonjak 1,38%.

Bursa relatif merangkak naik akibat data ketenagakerjaan AS yang tampaknya membaik. Faktor lainnya adalah pernyataan Ketua bank sentral AS (Federal Reserve), Jerome Powell yang dinilai tidak terlalu ketat menetapkan kebijakan The Fed ke depannya. (Ran)