PM Spanyol: Semua Kagum dengan Keputusan Bermartabat Joe Biden

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 22 Juli 2024 10:45 WIB
PM Spanyol Pedro Sanchez [Foto: Reuters]
PM Spanyol Pedro Sanchez [Foto: Reuters]

Jakarta, MI - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez memuji keputusan berani dan bermartabat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, untuk tidak mencalonkan diri kembali.

"Semua kekaguman dan penghargaan saya untuk keputusan berani dan bermartabat Presiden Joe Biden," tulis Sanchez di X, dikutip Senin (22/7/2024).

Sanchez, yang memimpin pemerintahan koalisi sayap kiri Spanyol itu, juga memuji Biden atas kepemimpinannya selama krisis ekonomi pasca-pandemi, "serangan serius" di Capitol Hill, dan dukungannya yang "teladan" untuk Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia dari Putin.

Sanchez menyimpulkan bahwa keputusan Biden untuk mundur adalah, isyarat besar dari seorang presiden hebat, yang selalu memperjuangkan demokrasi dan kebebasan.

Pernyataan petinggi Spanyol tersebut muncul, beberapa jam setelah Biden mengumumkan di beberapa platform media sosial bahwa ia mundur, dari pemilu 2024 melawan mantan Presiden Donald Trump.

"Saya percaya bahwa ini adalah kepentingan terbaik bagi partai dan negara saya untuk saya mundur dan sepenuhnya fokus pada menjalankan tugas saya sebagai presiden untuk sisa masa jabatan saya," demikian bunyi pernyataan Biden.

Biden yang kini berusia 81 tahun, menghadapi tekanan yang semakin besar agar dia mundur setelah penampilan debatnya yang goyah pada akhir Juni lalu.

Saat mengumumkan keputusannya untuk mundur, ia mengatakan dia mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai calon presiden.