Ali Fikri Kabag Pemberitaan KPK RI

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Juni 2024 13:23 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Firki (Foto: Dok MI/KPK)
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Firki (Foto: Dok MI/KPK)

Jakarta, MI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menunjuk Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai juru bicara menggantikan Ali Fikri yang sejak 2019 menjalankan peran itu dengan status pelaksana harian.

Ali Fikri kini menjadi Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK. Selumnya dia masih berstatus Plh Kabag Pemberitaan lembaga anti rasuah itu. Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK mengatakan, pergantian dilakukan untuk memberi kesempatan kepada Tessa yang sebelumnya penyidik, menjadi corong komisi antirasuah.

Dengan adanya juru bicara definitif, Nawawi berharap Ali Fikri bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai Kepala Bagian Pemberitaan KPK.

“Enggak ada salahnya kalau kami berencana melakukan semacam penyegaran sekaligus memberi ruang kesempatan pada pegawai-pegawai KPK lainnya untuk menjadi corong lembaga,” ujarnya di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Sekadar informasi, Tessa Mahardhika Sugiarto berstatus Fungsional Penyidik Tindak Pidana Korupsi Ahli Madya. Tahun 2020, penyidik senior itu sempat mengikuti seleksi jabatan Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK. 

Tessa Mahardhika Sugiarto sempat mengikuti seleksi untuk jabatan Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023.

Sementara itu, Ali Fikri bersama koleganya Ipi Maryati Kuding diumumkan sebagai juru bicara lembaga pada Desember 2019 lalu. Keduanya mengisi posisi Febri Diansyah yang kala itu juga merangkap sebagai Kepala Biro Humas KPK.