Sunarso Berpotensi jadi Menkeu! Kejati DKI Ungkap Perkembangan Kasus Kredit Linkadata Citra Mandiri Rugikan BRI Rp120 Miliar

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 26 Juli 2024 5 jam yang lalu
Bank BRI (Foto: Dok MI/Aswan)
Bank BRI (Foto: Dok MI/Aswan)

Jakarta, MI - Kasus dugaan penyimpangan kredit macet yang terindikasi adanya tindak pidana pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk kepada PT Linkadata Citra Mandiri (LCM) dikabarkan telah berproses di meja hijau.

Hal itu diungkapkan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Rudi Margono. "Informasi sudah sidang, silakan diikuti sidangnya," kata Rudi saat dikonfirmasi Monitorindonesia.com, Jum'at (26/7/2024) malam.

Soal siapa saja yang diduga terlibat dalam kasus ini atau tersangkanya, Rudi enggan menjawabnya. Dia hanya menyarakan agar mengonfirmasi ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan (Jaksel). "Silakan tanya ke Kejari Selatan," katanya.

Adapun kasus ini sudah dilimpahkan kasusnya oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta sejak 5 Maret 2024.

Berdasarkan BPK pada Laporan Hasil Penghitungan Kerugian Negara (LHP PKN), BPK menyimpulkan ada pemberian kredit BRI kepada PT LCM selama periode 2016-2019 yang terindikasi adanya tindak pidana dan merugikan negara sebesar Rp 120,1 miliar.

"Hasil PKN tersebut menunjukkan adanya penyimpangan yang berindikasi tindak pidana oleh pihak-pihak terkait yang mengakibatkan kerugian negara pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. sebesar Rp120.146.889.195," tulis keterangan resmi BPK, Senin (20/5/2024). 

Dirut BRI berpotensi jadi Menkeu?
Direktur Utama (Dirut) PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. sekarang adalah Sunarso. Dia disebut-sebut salah satu yang berpotensi sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) RI di masa pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP, Mufti Anam, sempat mengusulkan Sunarso sebagai calon Menteri Keuangan (Menkeu). 

“Kalau cari (menteri) stoknya di sini banyak, yang ahli keuangan ada pak Sunarso. Jujur setiap kami rapat banggar bu Sri Mulyani kaya lihat bapak? Setiap kami rapat Banggar Sri Mulyani jujur kami kalau rapat Menteri Keuangan tidak perlu di-feeding karena kita sudah feeding dari bapak seperti kegiatan seperti ini,” ujar Anam dalam rapat kerja Komisi VI DPR, Rabu (20/3/2024).

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP Darmadi Durianto turut mengapresiasi kinerja Sunarso. Pun dia optimistis bahwa Sunarso bisa menjadi Menteri Keuangan pemerintahan berikutnya.

“Disampaikan Pak Mufti juga masuk akal, bahwa Pak Sunarso ini calon Menteri Keuangan karena menguasai fiskal dan moneter. Kalau lewat dari bank, sudah kuasai semuanya,” tandas Darmadi.