Manfaat Serai bagi Kesehatan Tubuh

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 28 November 2023 07:25 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]
Jakarta, MI - Serai dikenal sebagai pelengkap bumbu dapur atau bahan makan. Namun ternyata serai juga memiliki khasiat, bagi kesehatan tubuh, lho. 

Tumbuhan bertangkai ini memiliki wangi yang khas, sehingga diyakini dapat mengusir serangga yang mengganggu di sekitar kamu. 

Di sisi lain, serai bisa menjadi alternatif obat herbal untuk kesehatan tubuh manusia. Melansir dinkes.jogjaprov.go.id, berikut manfaat serai.

1. minyak esensial serai mengandung antimikroba, yang mampu membasmi bakteri streptococcus mutans sehingga bisa mengatasi sakit gigi berlubang. Melalui kandungan antimikroba ini juga serai bermanfaat mencegah infeksi darah, infeksi paru-para, infeksi kulit, dan ifeksi paru-paru. 

2. Sebanyak 2,5 persen larutan minyak serai dapat mencegah penularan jamur, karena memiliki sifat antijamur yang menyebabkan kurap dan gatal pada selangkangan.

3. Serai dipercaya kaya akan antioksidan sehingga dapat meminimalisasi kerusakan pada sel. Kandungan antioksidan di dalamnya meliputi klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica sehingga dapat menjadi obat kumur untuk terapi radang gusi.

Bagi kamu yang kolestrolnya tinggi, serai juga bisa membantumi mengurangi kolestrol yang memicu serangan jantung dan stroke.
Meredakan penyakit diare yang membuat manusia kekurangan cairan tubuh.

Berita Terkait