Benarkah Penderita Diabetes Tak Boleh Makan Nasi?

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 23 Juli 2024 07:01 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Ahli Gizi dari Instalasi Pelayanan Gizi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo, Inti Makaryani menepis salah satu mitos gizi yang menyatakan bahwa penderita diabetes, tidak boleh makan nasi sepenuhnya.

“Tidak disarankan pasien hanya makan buah dan sayur, tapi, nasi tidak. Di dalam nasi itu ada karbohidrat yang tetap diperlukan untuk tubuh, dia ada glukosa yang baik untuk otak dan energi,” kata Inti di Jakarta, dikutip Selasa (23/7/2024).

Inti menuturkan penderita diabetes, tidak perlu menghindari nasi selama takaran yang dikonsumsi masih dalam batas wajar, dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Misalnya, jika seseorang memerlukan 1.700 kilo kalori, maka pada waktu sarapan penderita diabetes dapat mengonsumsi nasi putih sebanyak 100 gram atau setara dengan 3/4 gelas. Apabila tidak menginginkan nasi, ada opsi penukar lain seperti roti putih sebanyak 70 gram atau tiga iris.

“Jadi, penukar itu adalah saat kita mengganti makanan dengan kelompok yang sama," ujarnya.

"Misal saya mau nasi putih, tapi di sana hanya ada roti, itu bisa diganti dengan roti putih untuk pagi hari atau kalau mau singkong rebus, itu juga bisa, jadi disesuaikan dengan kelompok bahan pangannya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia turut menepis mitos yang menyatakan bahwa penderita diabetes tidak boleh memakan seafood (boga bahari). Penderita boleh memakannya dengan catatan hanya sesekali saja.

Sebab makanan bahari mengandung protein, sekaligus banyak lemak jenuh sehingga dikhawatirkan akan membuat asupan gizi penderita, menjadi tidak seimbang.

“Untuk jumlah yang dikonsumsi itu kembali lagi (pada anjuran dokter yang menangani), berapa banyak yang diperbolehkan untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Di samping takaran yang diperbolehkan, Inti juga mengatakan penderita mesti mempertimbangkan cara pengolahan makanan bahari tersebut, salah satunya mengurangi makanan yang digoreng.

“Jadi, untuk pengolahannya cukup satu makanan saja yang diolah dengan minyak. Misalnya menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa atau santan, jadi jumlahnya harus kita hitung dulu berapa banyak yang boleh,” tandasnya.

Inti juga menyarankan bagi penderita diabetes, yang ragu dengan kebutuhan gizi per hari dapat datang ke fasilitas kesehatan terdekat, untuk melakukan konsultasi ke ahli gizi guna melakukan penghitungan kalori serta takaran makan yang sesuai.