Rawat Rambut Sesuai Anjuran Dokter Spesialis Dermatologi

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 25 Juli 2024 23 jam yang lalu
Kiat perawatan rambut keriting agar tetap sehat dan tidak mengembang. (Foto: Antara)
Kiat perawatan rambut keriting agar tetap sehat dan tidak mengembang. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Dokter spesialis dermatologi dr. Arlene Rainamira, SpDV menjelaskan cara merawat rambut yang benar agar terhindar dari masalah kesehatan rambut, mulai dari mengeramasi hingga memberikan produk khusus pada rambut.

"Memang sudah ada step-step cara keramas yang benar, pertama kalau keramas yang harus digosok itu batangnya (rambut)," ujar Arlene saat ditemui dalam acara bincang-bincang di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis(25/7/2024).

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu menambahkan, "Yang paling benar saat keramas itu dipijat, dipijat di bagian kulit kepala". Menurut Arlene, sebaiknya pijat perlahan bagian kulit kepala saat sedang keramas karena area kulit kepala merupakan tempat tumbuhnya rambut baru.

Jika terlalu sering menggosok atau mengeramasi bagian batang rambut, dikhawatirkan rambut akan lebih mudah rontok karena area tersebut cenderung lebih rapuh dibandingkan area rambut pada kulit kepala. "Jika digosok terus-menerus, ini (batang rambut) akan lebih rapuh dan lebih mudah rontok," ucap dokter yang berpraktik di RSIA Kemang Medical Care itu.

Saat mengeramasi rambut, Arlene juga menyarankan untuk menggunakan air dingin atau suam-suam kuku. Penggunaan air yang terlalu panas dapat mengakibatkan terbukanya kutikula rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih mudah kusut, kering, hingga rontok. "Setelahnya, wajib gunakan conditioner (pelembut rambut), bahkan untuk kulit kepala yang berminyak," tutur Arlene.

Conditioner berguna untuk melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut. Penggunaan conditioner dapat menghaluskan kutikula dan membuat rambut terlihat lebih halus, berkilau, dan sehat.

Oleh karena itu, gunakan conditioner hanya di bagian batang rambut agar rambut lebih halus, lembut, dan kuat. Jangan gunakan conditioner di bagian kulit kepala supaya tidak terjadi penumpukan minyak yang dapat menyebabkan rambut berketombe hingga berminyak. "Saat mengeringkan (rambut), ada tekniknya juga, yaitu tidak digosok dengan handuk dan jangan diperas," sambungnya.

Dia menambahkan, "Balut saja dengan handuk dan dikeringkan sekitar lima menit, habis itu idealnya didiamkan dengan angin saja (hingga rambut kering secara alami)".

Jika ingin mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut (hair dryer), atur agar level kepanasan berada di titik terendah untuk meminimalkan risiko kesehatan rambut. Selain itu, gunakan masker rambut jika diperlukan agar rambut dapat lebih terawat. "Kalau rambut atau kulit kepalanya kering, gunakan masker rambut 1-2 kali seminggu," ungkapnya.

"Kulit yang berminyak itu dua minggu sekali, kalau rambut yang diwarnai boleh gunakan seminggu sekali," lanjutnya.

Terakhir, sisir rambut dengan menyesuaikan jenis rambut dan sisir yang digunakan. Untuk rambut keriting, sisir rambut dalam keadaan basah dengan sisir berjarak agar rambut lebih mudah diatur dan disisir. "(Untuk rambut lurus dan ikal), rambut yang kering atau agak lembap itu baru disisir pelan-pelan aja, jangan terlalu ditarik," ujar Arlene.

"Sisir rambut itu sebenarnya cukup saat sedang kusut atau habis keramas aja," pungkasnya.

Berita Terkait