Sebanyak 1.882 Pencari Kerja Padati Bursa Kerja Tahap Kedua di Jakpus

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 5 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Antrean warga saat hari pertama pembukaan bursa kerja. (Foto: Antara)
Antrean warga saat hari pertama pembukaan bursa kerja. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Sebanyak 1.882 pencari kerja memadati bursa kerja (job fair) tahap kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat pada 31 Juli sampai 1 Agustus.
 
"Pencari kerja yang hadir pada hari pertama sebanyak 879 orang dan hari kedua 1.003 orang," ujar Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas, dan Transmigrasi (P3T) Suku Dinas Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat Helazurine Lindane saat dihubungi di Jakarta, Senin (5/8/2024).
 
Hela menyebut sebanyak 40 perusahaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan job fair kedua tahun 2024. Kegiatan ini menyiapkan sebanyak 1.897 lowongan. Perusahaan yang berpartisipasi bergerak di berbagai bidang seperti retail, logistik, perhotelan, farmasi, keuangan, otomotif, pelayanan (hospitality),  dan asuransi.
 
Target sasaran dari program penempatan tenaga kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja ini adalah pencari kerja atau pengangguran yang hadir sebanyak 1.500 per hari. Sehingga, pelaksanaan bursa kerja ini diharapkan bisa mencapai 3.000 pencari kerja.
 
Melihat kurangnya angka dari target yang ditetapkan sebelumnya, menurut Hela evaluasi ke depannya perlu lebih digencarkan promosi dari acara agar informasi penyelenggaraan job fair bisa tersampaikan lebih luas.
 
"Kegiatan acara perlu lebih digencarkan lagi agar meluas dan penyelenggaraan job fair agak berjauhan waktunya dengan wilayah lain. Seperti yang diketahui seminggu sebelumnya Jakarta Timur menyelenggarakan job fair di Pusat Grosir Cililitan, sehingga para pencari kerja terpecah," paparnya.
 
Meskipun begitu, menurut Hela hal terpenting dari penyelenggaraan job fair ini bukan seberapa banyak yang hadir, tetapi banyaknya jumlah pencari kerja yang akhirnya diterima kerja, sehingga angka pengangguran berkurang. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan menggelar job fair tahap ketiga yang direncanakan di ITC Cempaka Mas pada akhir Oktober atau awal November 2024.
 
Adapun Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyediakan 1.896 lowongan di bursa kerja (job fair) tahap kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, untuk menekan angka pengangguran.
 
"Kegiatan bursa kerja ini merupakan salah satu kegiatan yang strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi," ucap Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma dalam sambutan pembukaan bursa kerja kedua tahun 2024 di Jakarta, Rabu (31/7).
 
Dengan memberikan ruang fasilitas bertemunya antara pencari kerja dengan tenaga kerja, tentu di sana ada kompetensi yang didalami sehingga memiliki pekerjaan yang lebih jelas dan terukur.

Berdasarkan data dari BPS Provinsi DKI Jakarta, tingkat pengangguran terbuka Provinsi DKI Jakarta per Februari 2024 tercatat sebesar 6,03 persen dengan jumlah pengangguran sebanyak 328 ribu orang.