Si Jago Merah Ngamuk di Pagi Hari, Rumah di Galur Jakpus Terbakar

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 8 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Kebakaran rumah di permukiman padat penduduk Jalan Rawa Tengah Gang 5 RT 10/05, Kelurahan Galur. (Foto: Antara)
Kebakaran rumah di permukiman padat penduduk Jalan Rawa Tengah Gang 5 RT 10/05, Kelurahan Galur. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kebakaran rumah di permukiman padat penduduk Jalan Rawa Tengah Gang 5 RT 10/05, Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat diduga akibat korsleting listrik.
 
Kepala Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan pihaknya menerima informasi kejadian kebakaran sekitar pukul 06.23 WIB. Informasi didapat dari warga yang menelepon ke command center (pusat komando).
 
"Segera kita kerahkan petugas ke lokasi. Total kami kerahkan sebanyak 19 unit pemadam dengan kekuatan personel 95 orang," ujar Asril saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (8/8/2024).
 
Asril menyebut petugas pertama tiba di lokasi sekitar pukul 06.30 WIB dan segera melakukan penanganan. Setelah dilakukan proses pemadaman, kebakaran bisa diatasi dan api dilokalisir sekitar pukul 06.40 WIB.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Ahmad Syaiful mengatakan rumah warga yang terbakar merupakan bangunan hunian setinggi dua lantai. Dari informasi yang didapat, kata Ahmad kejadian kebakaran diketahui setelah sang anak bangun tidur di lantai dua rumah sekitar pukul 06.10 WIB.
 
Api yang terlihat dari bagian plafon lantai dua rumah itu pun cepat membesar dan merambat ke ruangan lain. Sehingga, area seluas sekitar 18 meter persegi dari lantai dua rumah juga terdampak kebakaran. "Dugaan api berasal dari korsleting instalasi listrik di dalam plafon lantai dua rumah. Pukul 07.30 WIB seluruh proses pemadaman kami nyatakan tuntas," tandasnya.